Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Resmi Dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029

Jurnalis: Nova Miftakhul Huda
Editor: Aulia Novia Ramadhani
Suasana pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming pada hari Minggu, (20/10/2024) di Gedung Nusantara, Jakarta. (Sumber: YouTube @sekretariatpresiden)

Rencang.id - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. Acara pelantikan tersebut berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta pada Minggu (20/10/2024).

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Muzani dalam pidato pembukaannya menyampaikan apresiasinya terhadap proses demokrasi yang telah berjalan dengan baik. “Pilihan yang kita jalani telah berhasil dengan baik, kita telah bersama-sama menyaksikan demokrasi berjalan dan patut untuk disyukuri,” ucapnya.

Sebelum Presiden dan Wakil Presiden terpilih mengucapkan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara dihadapan para peserta sidang, Ahmad Muzani mempersilakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochammad Afifuddin, untuk membacakan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 504 tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum (Pemilu) pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam pemilu tahun 2024.

Tepat pukul 10.30 WIB Prabowo Subianto mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden Republik Indonesia, “Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD 45 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturan-peraturan dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Prabowo dengan tegas.

Disambung dengan pembacaan sumpah jabatan dari Gibran Rakabuming sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia, “Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," tukasnya.

Dalam pidato kenegaraan pertamanya, Prabowo menegaskan akan memperhatikan kondisi nyata ekonomi masyarakat dan tidak hanya bergantung pada data statistik semata. “Sebagai pemimpin, jangan terlalu senang melihat angka statistik padahal kita belum melihat gambaran sepenuhnya. Kita bangga masuk G20, menjadi ekonomi ke-16 terbesar dunia, tapi apakah kita paham gambaran yang utuh? Kemiskinan masih terlalu besar, banyak anak kekurangan gizi, dan banyak rakyat kesusahan mendapatkan pekerjaan yang layak,” ujar Prabowo.

Pelantikan ini dihadiri beberapa tokoh penting, antara lain Presiden dan Wakil Presiden ketujuh Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Wakil Presiden kesepuluh dan kedua belas Jusuf Kalla, Wakil Presiden keenam Tri Sutrisno, Wakil Presiden kesebelas Boediono, serta istri Presiden keempat Sinta Nuriyah Wahid yang didampingi putrinya Yenny Wahid.

Selain itu, hadir pula Ketua DPR RI Puan Maharani, putri Presiden Republik Indonesia kedua Titiek Soeharto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, pasangan kontestan Pilpres 2024 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, 19 kepala pemerintahan, 15 utusan khusus dari negara sahabat, serta 709 anggota parlemen MPR RI.

Perlu diketahui, pada saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang berlangsung pada 14 Februari kemarin, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh sebanyak 96.214.691 suara atau sama dengan 58,59% dari 164.227.475 suara sah dari 38 provinsi di Indonesia dan 128 wilayah pemilihan di luar negeri. Mengalahkan dua pasangan calon lainnya, yaitu Anies Basewedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Lebih baru Lebih lama