Pemkot Solo Adakan Nonton Bareng Bagi Mahasiswa yang Tak Punya TV

Jurnalis: Miftah Nur Faizin
Editor: Hafidz Dipo Salam
Ribuan pengunjung menyaksikan nobar Timnas yang diselanggarakan Pemkot Solo di Balai Kota Solo, pada Selasa (15/10/2024) malam. (Sumber: Istimewa/MNF)

Rencang.idPemerintah Kota (Pemkot) Solo menyelenggarakan nonton bareng (nobar) laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas China dan Timnas Indonesia di Videotron BNI Balai Kota Solo, pada Selasa (15/10/2024) malam. Acara ini menarik perhatian ribuan pengunjung yang datang dengan semangat tinggi untuk mendukung tim kesayangan mereka.

Guna menghindari penumpukan kendaraan, Dinas Perhubungan (Dishub) Solo menerapkan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) selama nobar berlangsung untuk memastikan arus lalu lintas di sekitar Balai Kota tetap lancar dan terkendali. Sebagian jalan, seperti Jl. Jenderal Sudirman, ditutup sementara dari Simpang Jenderal Sudirman hingga Bundaran Pasar Gede, demi kelancaran acara dan kenyamanan pengunjung.

Sebagian besar penonton duduk lesehan di trotoar, tengah jalan, dan halaman balai kota, dengan tertib menggunakan alas plastik yang dibeli dari para pedagang di sekitar lokasi. Keberadaan nobar ini menjadi alternatif bagi para perantau, baik mahasiswa maupun pekerja, yang tidak memiliki televisi atau kuota internet yang cukup untuk menyaksikan pertandingan secara live streaming.

Zaidan Ramadan, mahasiswa rantauan mengaku senang dan terbantu dengan adanya nobar ini, “Nobar ini sangat membantu kami, terutama bagi yang tinggal jauh dari rumah dan tidak memiliki TV. Selain itu, ini juga memperkenalkan Solo kepada para perantau baru”.

Euforia nobar ini tidak hanya dirasakan oleh para penonton, tetapi juga oleh para pedagang yang berjualan makanan dan minuman. Ndaru Setiawan, seorang pengunjung mengungkapkan dukungannya Pemkot Solo dalam nobar kali ini, “Efek dari nobar ini sangat terasa. Selain memberi hiburan, acara ini juga mendukung perekonomian lokal. Namun, sangat disayangkan jika parkir kurang tertata dan beberapa pengunjung kurang memperhatikan kebersihan di area sekitar.”

Pertandingan berakhir dengan Timnas China yang berhasil menaklukkan Timnas Indonesia dengan skor 2-1. Meskipun hasil pertandingan tidak sesuai harapan bagi para pendukung Indonesia, semangat kebersamaan dan antusiasme penonton selama nobar tetap terasa. Acara ini berhasil menciptakan suasana yang hangat dan penuh solidaritas, menjadikan Solo sebagai tempat yang ramah bagi para perantau dari berbagai latar belakang.

Lebih baru Lebih lama