Menuju Masyarakat Sehat, DEMA FUD Gelar FUD Run untuk Kali Pertama

Jurnalis: Syihabuddin Ahmad
Editor: Nilna Qurrota Sukma Perwira
Peserta FUD Run 5k 2024 bersiap melakukan lari maraton yang dimulai dari UIN Raden Mas Said Surakarta, pada Minggu (13/10/2024) pagi. (Sumber: Istimewa/SA)

Rencang.idDewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta sukses menyelenggarakan acara FUD Run 5K 2024 di UIN Raden Mas Said Surakarta, pada Minggu (13/10/2024) pagi. FUD Run ini merupakan lomba lari pertama yang diselenggarakan oleh DEMA FUD di UIN Raden Mas Said Surakarta.

Adapun lintasan yang harus ditempuh pelari yakni sejauh 5 kilometer yang dimulai dan diakhiri di Gerbang UIN Raden Mas Said Surakarta. Tercatat sebanyak 500 peserta terdaftar sebagai peserta pada FUD Run ini.

Peserta yang ikut serta pada kegiatan ini tidak hanya dari kalangan mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta saja, melainkan masyarakat umum dari berbagai kalangan juga ikut berpartisipasi dalam FUD Run ini. Mulai dari anak-anak usia 10 tahun hingga orang dewasa usia 55 tahun.

Terdapat 6 juara dari dua kategori yang dipilih pada FUD Run kali ini, yakni sebanyak 3 pelari tercepat dari kategori putra dan 3 pelari tercepat dari kategori putri.

Juara pertama pelari tercepat kategori putra berhasil diraih oleh Denta Ananda Putra. Denta hanya memerlukan waktu 18 menit 30 detik untuk berlari. Di urutan kedua berhasil diraih M. Nabil Hukama dan di urutan ketiga berhasil diraih oleh Husain Ubaidillah Ahrar.

Denta Ananda Putra (kedua kiri) menjadi juara 1 pelari tercepat kategori putra pada acara FUD Run 2024. (Sumber: Istimewa/SA)

Sementara itu dari kategori putri, juara pertama diraih oleh Ridzka Bintar Putri, juara kedua diraih oleh Alika Daffa Zahrotussita, dan juara 3 diraih oleh Amelia Vitaloka.

Ridzka Bintar Putri (kedua kiri) menjadi  juara 1 pelari tercepat kategori putri pada acara FUD Run 2024. (Sumber: Istimewa/SA)

Ketua Umum DEMA FUD 2024, Ahmad Taufiq, mengungkapkan alasan dipilihnya FUD Run karena olahraga lari merupakan olahraga yang dapat diikuti oleh seluruh elemen masyarakat.

“Alasan kami memilih lari karena ingin seluruh elemen masyarakat baik laki-laki ataupun perempuan, tua atau muda, itu bisa tetap ikut berolahraga. Karena biasanya olahraga yang sering dilombakan itu hanya futsal atau badminton, dan biasanya pesertanya itu rata-rata laki-laki. Maka dari itu, kami ingin seluruh elemen dapat berolahraga dengan baik,” jelas Taufiq saat diwawancarai.

FUD Run 2024 menjadi penutup serangkaian acara FUD Fest yang diselenggarakan DEMA FUD mulai dari bulan Juli hingga Oktober ini. Tak hanya menjadi penutup FUD Fest, event ini juga menjadi awal terbentuknya Komunitas Olahraga di FUD UIN Raden Mas Said Surakarta.

“Tak hanya menjadi penutup rangkaian FUD Fest, adanya FUD Run 2024 ini juga sebagai wadah pembentukan komunitas olahraga di FUD UIN Raden Mas Said Surakarta. Semoga dengan adanya komunitas olahraga ini dapat menjadi ajang untuk sehat bersama," ujar Taufiq.

Lebih baru Lebih lama