Menjelang Pelantikan Prabowo-Gibran, Kabinet Zaken Siap!

Jurnalis : Ninit febriani
Editor: Aulia Novia Ramadhani
Foto bersama calon menteri dan pejabat setingkat usai pembekalan calon kabinet Prabowo-Gibran di Hambalang, Jawa barat, pada Rabu (16/10/2024). (Sumber: Instagram pribadi Yusril Ihza mahendra, @yusrilizhamhd)

Rencang.id - Menjelang pelantikan, presiden terpilih Prabowo Subianto telah menyiapkan nama-nama calon menteri untuk mengisi kabinetnya nanti. Nama-nama tersebut mulai muncul sejak Senin lalu.

Beberapa hari yang lalu presiden terpilih, Prabowo Subianto mengundang para calon menterinya ke kediamannya, di Jalan kartanegara, Jakarta Selatan. Prabowo mengatakan bahwa nama-nama tersebut merupakan hasil observasi sebelum dipilih.

“Kami melakukan wawancara pengawasan dan sebelum saya mengundang mereka ke sini, mereka sebenarnya mengatakan akan membantu saya,” jelas Prabowo.

Pertemuan para calon menteri kabinet Zaken, nama dari kabinet Prabowo kembali terlihat pada Rabu (16/10/2024), di Hambalang, Jawa Barat. Dalam pertemuan tersebut, Prabowo memberikan pembekalan terkait tugas-tugas di pemerintahan, serta menyampaikan wejangan agar para menteri ini nantinya tidak melakukan hal-hal yang tidak baik selama menjabat. Keterangan tersebut disampaikan oleh Politisi Partai Gerindra, Noel kepada wartawan.

“Kemarin itu, pembukaan materi itu oleh presiden terpilih, Pak Prabowo menyampaikan banyak hal termasuk kritik beliau terhadap pejabat-pejabat, pemimpin-pemimpin di Republik ini selama kurang panutan. Pejabat-pejabat kita dan itu (sikap tercela) yang menjadi perusak bangsa ini,” terang Noel.

“Dan beliau (Prabowo) tidak ingin ke depannya pejabat pemerintahan melakukan hal yang tidak baik, tercela di mata publik. Nah, sebenarnya ada banyak hal yang disampaikan (Prabowo),” imbuhnya.

Kehadiran Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin di pertemuan tersebut menjadi hal yang menyita perhatian. Hal ini dibuktikan melalui postingan instagram pribadinya yang menunjukkan foto bersama Prabowo-Gibran dan para calon menteri, dengan menuliskan keterangan,

“Kemarin, saya ikut pembekalan calon anggota kabinet 2024-2029 di Hambalang,” ungkapnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu sempat menjadi lawan politik Prabowo-Gibran saat pilpres kemarin. Namun, Cak Imin dan partainya PKB telah menyatakan bergabung dalam koalisi Prabowo yakni Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus sejak Agustus lalu.

Lebih baru Lebih lama