Indosat AI Experience Center: Kenalkan Teknologi AI Lebih Dekat ke Masyarakat Surakarta

 Jurnalis: Nova Miftakhul Huda
Editor: Najla Firishta Alhadar

Tampak depan Indosat AI Experience Center di Solo Technopark, yang menjadi pusat edukasi dan showcase teknologi AI bagi masyarakat. (Sumber: istimewa/NMH)

Rencang.id - Indosat baru-baru ini memperkenalkan sebuah inisiatif baru yang bertujuan untuk menyebarluaskan pemahaman tentang Artificial Intelligence (AI) di tengah masyarakat Surakarta. Melalui fasilitas AI Experience Center pertama di Indonesia yang sudah di-launching sejak 20 Agustus 2024. AI Experience Center ini terletak di gedung Solo Trade Center dalam kompleks Solo Technopark, fasilitas ini menjadi tempat bagi masyarakat untuk langsung berinteraksi dengan berbagai teknologi AI.

Teuku Daffa, Assistant Vice President - Corporate Brand Strategy Indosat, menjelaskan bahwa fasilitas ini bagian dari upaya Indosat untuk memberdayakan Indonesia. “Kami berusaha untuk empowering Indonesia, salah satunya dengan pembangunan Indosat AI Experience Center ini. Sebenarnya ini sangat keren, sayangnya masih banyak yang belum tahu. AI Experience Center adalah sebuah wadah di mana terdapat banyak alat pameran AI yang canggih-canggih, yang nantinya akan semakin berkembang. Di sini, kalian bisa mencoba dan merasakan langsung teknologi ini,” ungkapnya.

Turut mewawancarai secara langsung Vierry Adi Dharma, Store Manager Indosat AI Experience Center, mengungkapkan fasilitas ini menjadi langkah awal Indosat dalam memperluas wawasan masyarakat tentang AI. “Tujuan utama kami di sini adalah untuk menyebarkan pemahaman tentang AI dan berbagai penerapannya,” jelas Vierry.

“Sering kali orang hanya mendengar tentang AI tanpa benar-benar mengetahui bagaimana cara kerjanya. Di sini, kami mengajak untuk experience langsung seperti melukis di AI Magic Paint, berfoto di AI Photobooth dan juga masyarakat bisa memanfaatkan Idea Hub yang tentunya terbuka untuk umum,” tambahnya.

Pengunjung sedang mencoba berbagai teknologi di dalam Indosat AI Experience Center. (Sumber: istimewa/NMH)

Sejak dibuka hingga akhir September, Indosat AI Experience Center telah dikunjungi lebih dari 1.200 orang. Vierry juga mengatakan bahwa jumlah kunjungan setiap hari berbeda-beda. “Tiap harinya, pengunjung yang datang cukup bervariasi. Hingga akhir September ini, kami telah mencatat lebih dari 1.200 kunjungan dalam sebulan terakhir,” ujarnya.

Perlu diketahui, Pemerintah Kota Surakarta telah menerapkan sistem AI pada seluruh titik lampu merah. Dan di sini Vierry menjelaskan Indosat juga mempunyai prototipe Indosat Smart City berbasis AI.

“Smart City Indosat tidak hanya untuk sistem lampu lalu lintas saja, tapi juga untuk mitigasi bencana. AI bekerja layaknya otak yang menganalisis data untuk memberikan solusi otomatis. Jadi, saat ada kemacetan atau bencana, program ini bisa langsung memberikan langkah mitigasi dan pencegahan, tidak hanya sekedar mengatur lampu lalu lintas saja,” jelas Vierry.

Pembangunan Indosat Experience Center merupakan langkah awal sebagai wadah pengenalan AI. Untuk kedepannya akan dibangun gedung khusus pengembangan kecerdasan buatan yaitu Indosat AI Center of Excellence yang akan segera dibangun pada akhir tahun ini.

“Ini baru langkah awalnya, kita buka Experience Center untuk memperluas pemahaman tentang AI. Akhir tahun ini, kami akan mulai membangun AI Center of Excellence yang lokasinya di belakang sini,” pungkas Vierry.

Baca juga: Orion: Kacamata Canggih Masa Depan






Lebih baru Lebih lama