Hendi Pratama: Tidak Punya Personal Branding, Jangan Harap Bisa Dapat Kerja

 Jurnalis: Hawa Riyatin Zahra
Editor: Muhammad Ilka Adhim Al Fatih

Hendi Pratama tengah menyampaikan materi pada Seminar dan Workshop Pengembangan Karier di Graha UIN Raden Mas Said Surakarta. (Sumber: istimewa)

Rencang.id – Forum Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-Kuliah (FORMASI) UIN Raden Mas Said Surakarta sukses menggelar seminar dan workshop pengembangan karier di Graha UIN Raden Mas Said Surakarta, pada Sabtu (12/10/2024).

"Kalau kalian nggak punya personal branding, nggak dapat kerja kalian," ungkap Hendi Pratama selaku pemateri utama dalam Seminar dan Workshop Pengembangan Karier. Hendi menyebut bahwa di zaman sekarang, persaingan bukan lagi tentang perebutan gelar tetapi juga tentang personal branding.

Personal branding menjadi salah satu faktor kunci untuk mencapai kesuksesan, baik dalam karier maupun kehidupan pribadi. Personal branding sendiri adalah cara individu mempresentasikan diri mereka kepada publik, yang dapat memengaruhi cara orang lain memandang dan berinteraksi dengan mereka.

Hendi juga membocorkan kunci utama dalam personal branding. Seperti konsisten mengabarkan keunggulan, menargetkan audiens yang tepat, mampu delivery value serta dapat beradaptasi dengan media sosial yang sedang tren.

Dalam closing statement beliau menyampaikan bahwasanya, "Sarjana tidak ada value-nya jika tidak memiliki skill. Semoga perjalanan personal branding anda berjalan lancar. Sebab pilihan ada di tangan kalian."

Lebih baru Lebih lama