Ga Perlu Mendam Masalah Sendiri Lagi, Cus Curhatin ke LCS!

Jurnalis: Ella Dwi Amelia
Redaktur: Nilna Qurrota Sukma Perwira

Logo Layanan Counter Sambat (LCS). (Sumber: Instagram.com/@countersambat_hmpsbki)

Rencang.idHai, Sobat Rencang! Di usia segini pasti lagi capek-capeknya, ya? Apalagi kita ini Gen Z, apa-apa dihubungin sama mental illness. Butuh banget someone to talk buat sekadar ditanya “How was your day?”, tapi jomblo. Yaudah, kita milih beli Kopi Golda, terus duduk depan Indomaret semalaman buat ngobatin mental. Yang penting nggak gila aja. Duh! Kok kasihan banget.

Soalnya, mau ke layanan konseling, kok kelihatannya mahal. Padahal, ngapain mikirin biaya konseling kalau ada yang gratis?. Pasti kalian mikir, “Zaman sekarang mana ada yang gratis?”

Lah! Itu konsul di LCS gratis. Beneran gratis! Kalian bisa sambat dari A-Z tentang masalah pertemanan, keluarga, percintaan, karir, dan masih banyak lagi.

Yang nanya LCS itu apa? Sini aku jelasin!

Layanan Counter Sambat (LCS) adalah sebuah platform konseling online atau konseling sebaya yang hadir sebagai wadah untuk bercerita, berkeluh kesah, dan sambat mengenai berbagai masalah yang sedang kita alami. Dan tentunya, semuanya gratis!

LCS merupakan layanan yang dikelola oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bimbingan Konseling Islam (BKI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta. Meski begitu, layanan ini hadir untuk semua lapisan masyarakat, bukan hanya untuk warga UIN Raden Mas Said Surakarta, lho.

Nah! Buat yang dari luar pulau dan juga lagi butuh konselor, bisa banget pakai jasa LCS. Tidak perlu khawatir akan jarak, ya. Karena konsultasi di LCS dilaksanakan secara online. Jadi, Sobat Rencang bisa akses dari mana saja.

LCS menggandeng kalangan anggota maupun demisioner HMPS BKI sebagai konselor. Tapi tenang, mahasiswa yang menjadi konselor merupakan mahasiswa yang mampu dan sudah memiliki pengetahuan di bidang konseling.

“Terus gimana caranya buat konsul di LCS?”

Oke! Simak di sini, ya.

Langkah-langkah konseling online di LCS:
  1. Konseli (klien) mengisi link https:/bit.ly/FormulirLCSHMPSBKI
  2. Setelah mengisi link, konseli menunggu informasi via WhatsApp dari admin LCS untuk kemudian diberikan nomor konselor
  3. Konseli bisa langsung menghubungi konselor untuk konfirmasi dan mendiskusikan jadwal konseling
  4. Konseling dilaksanakan
  5. Setelah selesai konsultasi, konseli mengisi link Saran dan Pesan (SARAPAN) https://bit.ly/SARAPAN-tCS-HMPSBKI  yang diberikan oleh konselor setelah proses konseling selesai.

Perlu diingat! Sobat Rencang yang ingin menggunakan layanan LCS, dapat mengakses link pada hari Senin-Kamis pukul 08.00-16.00 WIB. Sesuai dengan jam operasional LCS.

Mudah, bukan? Sekarang gak perlu khawatir mau curhat ke siapa. Kan, ada LCS yang akan menampung sambatan kita semua!

Ada info tambahan, nih. Bagi mereka yang memiliki masalah terlampau serius, LCS juga menawarkan konseli untuk konsul ke profesional. Tetapi, untuk kasus ini, akan ada biaya sendiri, ya, Sobat.

Terakhir, kalian dapat pesan dari Kak Sindi selaku Ketua Umum HMPS BKI, nih.

“Buat kalian yang punya masalah atau tekanan, tidak ada salahnya berkeluh kesah. Karena itu merupakan salah satu bentuk ekspresi dari emosi kita. Dan Konseling membantu kita menemukan solusi”.

Lebih baru Lebih lama