Emang Bener Sepeda Listrik Menyetrum Pengguna Saat Musim Hujan?

 Jurnalis: Aura Aulia Miftakhul Risqi
Editor: Hawa Riyatin Zahra
Ilustrasi dua siswa sedang menerjang hujan dengan mengendarai sepeda listrik.(Sumber: Daily Mail Online)

Rencang.id – Sepeda listrik saat ini menjadi salah satu alat transportasi yang digemari oleh masyarakat. Adanya sepeda ini memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Namun, mengendarai sepeda listrik saat hujan menjadi kekhawatiran bagi beberapa pengguna.

Kenapa bisa mengkhawatirkan?

Hujan, seringkali menjadi penyebab alat elektronik mengalami kerusakan. Hal ini menyebabkan ketakutan jika terjadi konslet pada sepeda listrik. Air hujan merupakan salah satu pengantar listrik yang cukup berbahaya. Resiko kesetrum dapat terjadi hanya dengan sedikit konslet pada kelistrikan.

Jadi, apakah benar jika sepeda listrik menyetrum penggunanya saat hujan?

“Menurut saya aman-aman saja, selama ini tidak pernah terjadi kejadian motor listrik yang dipakai saat hujan bisa nyetrum. Kalau habis baterai dan macet sih pernah,” ujar Jaelan salah satu pengguna sepeda listrik.

“Tapi kalau ada konslet kelistrikan pada kabel, mungkin sepeda akan mati sendiri. Selain itu sepeda listrik lebih aman dibandingkan sepeda motor dengan bahan bakar bensin. Karena jauh dari resiko meledak akibat percikan api,” tambah Jaelan.

Pernyataan ini juga disetujui oleh Adi saat diwawancara, “apakah pernah tersetrum saat menggunakan sepeda listrik di saat hujan?”

Adi memaparkan bahwa, “tidak, karena sepeda yang dirancang pakai listrik itu sudah memenuhi standar safety dari pabrik. Jadi, tidak akan tersetrum kalau hujan di jalan.”

Aloysius Fernandi dalam bukunya "Cara Merawat Sepeda Ontel dan Sepeda Listrik" menjelaskan tentang perkembangan sepeda listrik yang dimulai sekitar satu abad yang lalu. Sepeda listrik pertama kali muncul di dunia pada 1880-an di Prancis dan 1890-an di Amerika Serikat.

Dalam perkembangannya, sepeda listrik dirancang agar tahan terhadap air sehingga bisa digunakan saat hujan. Namun, dia juga memperingatkan bahwa tidak semua sepeda listrik tahan air, sehingga pengguna harus berhati-hati, terutama ketika menghadapi genangan air meskipun sepeda listrik tersebut telah diuji ketahanannya terhadap air.

Sebab berkendara pada genangan air dapat menyebabkan kerusakan pada sistem elektronik dalam sepeda listrik. Air dapat masuk ke dalam komponen listrik, termasuk motor dan sirkuit, yang berpotensi menimbulkan malfungsi. Selain itu, air bisa merembes ke dalam casing baterai, sehingga mengakibatkan kerusakan pada baterai dan mengurangi daya tahan serta keamanan sepeda listrik.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sepeda listrik aman digunakan saat hujan. Tapi, dengan catatan pengguna sebaiknya menghindari genangan air. Meskipun beberapa sepeda listrik dirancang tahan air, sebaiknya pengendara tetap menghindari melewati genangan air yang dalam untuk menjaga sepeda listrik tetap berfungsi dengan baik. 

Lebih baru Lebih lama