Elon Musk Hadirkan Robot Asisten Rumah Tangga

Jurnalis: Hafidh Nurhidayat
Editor: Listia Aulia Putri
Optimus, robot humanoid pertama yang dikenalkan oleh Tesla pada acara “We, Robot” di Los Angeles, Amerika Serikat, pada Kamis (10/10/2024). (Sumber: sindonews.com)

Rencang.id – Tesla, perusahaan milik Elon Musk memperkenalkan terobosan baru, yakni robot humanoid yang bernama Optimus. Tesla juga memperkenalkan Cybercab dan Robovan pada acara “We, Robot”.

Optimus dibuat guna membantu pekerjaan manusia sehari-hari seperti menyajikan minuman dan menyiram tanaman. “Optimus akan berjalan di antara kalian. Kalian dapat berjalan mendekatinya, dan Optimus akan menyajikan minuman,” ujar CEO Tesla.

Musk menjelaskan bahwa Optimus bisa melakukan apa saja, contohnya mengasuh anak, memotong rumput, dan mengajak anjing jalan-jalan. Dalam jangka waktu yang panjang, robot ini akan diperjualbelikan pada kisaran harga 20.000 hingga 30.000 dolar AS (Rp 311 Juta hingga Rp 467 juta).

Dalam panggilan konferensi pendapatan bulan April, Musk mengatakan bahwa Optimus akan mulai melakukan tugas-tugas berguna pada akhir tahun 2024, dan diperkirakan akan mulai dijual secara eksternal pada akhir tahun depan.

Optimus awalnya bukan produk serius, ketika Musk pertama kali mengungkapkan proyek tersebut pada tahun 2021, di mana seorang pria yang mengenakan kostum robot naik ke panggung untuk menari dengan lucu. Namun pada tahun 2022, Tesla menampilkan prototipe sederhana yang berjalan perlahan di atas panggung.

Musk sangat antusias dengan perkembangan Optimus dan percaya akan menjadi produk terbesar yang pernah ada. Musk memperkirakan terobosan ini menjadi favorit bagi kalangan atas, yang mencari teknologi mutakhir untuk membantu kehidupan sehari-hari mereka.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, Optimus mulai menunjukkan potensi besar untuk membantu manusia dalam pelbagai pekerjaan rumah tangga serta tugas lainnya.

Lebih baru Lebih lama