ChatGPT Luncurkan Canvas, Coding Otomatis Tanpa Ribet

Jurnalis: Hafidh Nurhidayat
Editor: Listia Aulia Putri

ChatGPT memperkenalkan desain yang bernama Canvas pada situs resmi milik OpenAI, Kamis (3/10/2024). (Sumber: gambar pada situs web milik OpenAI)

Rencang.id – OpenAI meluncurkan tampilan antarmuka baru bernama “Canvas” di model AI GPT-4o, pada Kamis (3/10/2024). Peluncuran tersebut memberikan perubahan desain besar pertama semenjak ChatGPT dirilis pada tahun 2022. Antarmuka ini hadir untuk memudahkan penulis atau pembuat kode dalam menciptakan serta mengubah teks hingga kode.

“kami memperkenalkan canvas, antarmuka baru untuk bekerja dengan ChatGPT dalam menulis atau membuat kode proyek yang melampaui obrolan sederhana. Canvas adalah pendekatan baru dan pembaharuan besar pertama untuk antarmuka visual ChatGPT sejak kami meluncurkannya dua tahun lalu,” dikutup dari laman resmi OpenAI.

Canvas memiliki keunggulan dengan dua bilah layar. Sisi layar bilah kiri untuk melihat kotak percakapan atau perintah pengguna pada ChatGPT. Sementara di sisi kanan, untuk melihat Canvas berupa bilah putih yang lebih lebar. Tampilan yang membuat pengguna bisa lebih fokus melihat hasil penulisan atau baris kode, tanpa terganggu dengan perintah.

Langkah-langkah Menggunakan Canvas pada ChatGPT

Tidak seperti layar ChatGPT biasa, antarmuka Canvas menyediakan beberapa fitur untuk membantu menulis. Sebagai contoh, pengguna dapat menyorot bagian tertentu dari teks dan mengklik “ask ChatGPT”. Dengan begitu, pengguna bisa memberikan perintah untuk mengedit atau mengajukan pertanyaan. ChatGPT juga segera merevisi bagian teks yang disorot sesuai perintah.

Selain itu, Canvas menyediakan menu pintasan atau shortcut untuk penyutingan. Misalnya pembuatan draf blog, pengguna bisa melihat menu pintasan untuk mengatur panjang-pendek teks, mengubah tingkat keterbacaan, memoles tata bahasa, dan menambahkan emoji. ChatGPT juga mampu memperbaiki bug dan memindahkan kode menjadi bahasa lain seperti JavaScript, TypeScript, Python, Java, C++ atau PHP dalam mode Canvas.

Setelah selesai, pengguna cukup menutup jendela, otomatis akan kembali ke antarmuka ChatGPT normal. Sedangkan untuk membuka proyek dalam Canvas, cukup klik modul yang tersimpan pada riwayat obrolan.

Lebih baru Lebih lama