Sah! Andika-Hendi Nomor 1 dan Luthfi-Yasin Nomor 2 pada Pilkada Jateng 2024

Jurnalis : Ella Dwi Amelia
Editor : Aulia Novia Ramadhani

Pasangan Cagub-Cawagub Ahmad Luthfi (kiri)-Taj Yasin (kedua kiri) dan Andika Perkasa (kedua kanan)-Hendrar Prihadi (kanan) menunjukkan nomor urutnya di kantor KPU Jateng, Kota Semarang pada Senin (23/09/2024). (Sumber: ANTARA News)

Rencang.idKomisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) melaksanakan pengundian nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng di kantor KPU Jateng, Semarang pada Senin (23/09/2024) malam.

Kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi dan Ahmad Lutfi-Taj Yasin beserta partai pengusung masing-masing menghadiri pengundian nomor urut secara langsung.

Ketua KPU Jateng, Handi Tri Ujiono, memimpin rapat pleno terbuka bersama enam komisioner lainnya.

KPU Jateng melakukan dua tahap pengambilan nomor urut. Pengambilan pertama digunakan untuk menentukan siapa yang akan mengambil pertama kali pada pengundian kedua. Pada pengundian kedua, pasangan calon mengambil nomor urut yang digunakan pada Pilkada.

Masing-masing calon Wakil Gubernur yakni Hendrar Prihadi dan Taj Yasin, mengambil nomor undian terlebih dahulu. Dari pengambilan nomor undian tersebut, pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin berkesempatan untuk memilih terlebih dahulu nomor urut, dilanjutkan pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi.

Pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi mendapatkan nomor urut 1, sedangkan pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin mendapatkan nomor urut 2.

Dilansir dari detik.com, calon Gubernur Jateng nomor urut 1, Andika Perkasa mengungkapkan bahwa nomor 1 berarti bentuk persatuan. "Jadi saya dengan Mas Hendi juga punya komitmen itu, nomor urut 1 yang kami dapat hari ini, kami lebih ingin melihatnya sebagai sebuah persatuan.”

Ini berarti dia akan bekerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat untuk membangun Jateng. "Karena tanpa partisipasi dari semuanya kita takkan pernah bisa membangun Jawa Tengah," tambahnya.

Sementara itu, calon Gubernur Jateng nomor urut 2, Ahmad Luthfi menegaskan, nomor 2 merupakan simbol keberlanjutan pemerintah pusat maupun daerah.

"Nomor urut dua merupakan suatu isyarat bahwa kita tidak bisa bekerja sendiri dalam membangun Jawa Tengah," ujarnya. Selanjutnya, Ia juga mengungkapkan bahwa nomor urut 2 adalah landasan untuk "ngopeni lan nglakoni" (merawat dan menjalani).

Sebelumya, Luthfi menjelaskan bahwa dirinya juga berharap mendapatkan nomor urut 2 di Pilkada ini.

"Kalau bisa dua lah, kan kita punya simbol L dua, habluminallah dan habluminannas, terus dua mengibaratkan kita bisa integrasi pemerintah pusat dan daerah, selanjutnya kita punya prinsip pengabdian bisa Ngopeni dan Nglakoni, kalau dapat satu yang nggak masalah, Jateng tetap satu", ujarnya di Posko Pemenangan sebelum berangkat ke KPU Jateng, Senin (23/9/2024) petang.

Dilansir dari antaranews.com, sebelumnya KPU Jateng menerima pendaftaran dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng. Pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi diusung oleh PDIP dengan total suara sah hasil Pemilu 2024 sebanyak 5,2 juta suara. Sedangkan Pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin yang diusung oleh koalisi raksasa Kim Plus (partai gabungan Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat dan Partai Solidaritas Indonesia), mendapat total suara sah sebanyak 13,7 juta suara.




Lebih baru Lebih lama