Presiden Jokowi Resmikan Tol Jogja-Solo, Pangkas Waktu Tempuh dan Picu Pusat Ekonomi Baru

   Jurnalis : Nova Miftakhul Huda
Editor : Najla Firishta Alhadar

Presiden Jokowi meresmikan ruas tol Jogja-Solo, Tahap 1 segmen Kartasura-Klaten pada Kamis (19/09/2024). (Foto: youtube.com/@SekretariatPresiden)

Rencang.id - Ruas Tol Solo - Yogyakarta - Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo, Tahap 1 segmen Kartasura - Klaten telah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gerbang Tol (GT) Banyudono, pada Kamis (19/09/2024).

Melansir dari m.harianjogja.com, jalan tol sepanjang 22,3 kilometer tersebut telah rampung di akhir Agustus 2024 dan telah menjalani serangkaian uji kelayakan fungsi dan uji kelayakan operasi pada 11-13 September lalu. Ruas tol yang menelan anggaran hingga Rp5,6 triliun ini akan mengurangi volume kendaraan yang melewati jalan nasional karena dinilai sudah sangat ramai dan padat.

Presiden Jokowi yang didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono X. Jokowi mengatakan dengan adanya tol ini, dapat memangkas waktu perjalanan dari Solo ke Yogya yang semula 3-4 jam akan menjadi hanya 30-40 menit ketika nanti semua ruas tol sudah selesai.

Dengan beroperasinya tol ini, Presiden Jokowi berharap dapat meningkatkan konektivitas antara Solo dan Jogja. “Kita membutuhkan daya saing, kecepatan, ketepatan waktu yang tidak bisa ditawar lagi. Ini akan mengefisienkan waktu tempuh dari Kartasura menuju ke Jogja, dan dari Solo menuju ke Jogja,” ujarnya.

Di akhir penutup sambutannya, Presiden Jokowi berharap jalan tol ini dapat memicu tumbuhnya pusat ekonomi baru. “Kita harapkan ini menjadi pengungkit ekonomi di daerah, Kemudian pemicu tumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru di sekitar jalan tol,” pungkas Jokowi.

Lebih baru Lebih lama