Fantastis! Apple Luncurkan Smartphone Baru dengan Chipset A18 Bionic

Jurnalis : Miftah Nur Faizin
Editor : Listia Aulia Putri
Logo dengan tajuk “It’s Glowtime” yang digunakan Apple saat perilisan seri terbarunya melalui kanal YouTube Apple, Senin (9/9/2024). (Sumber : https://www.youtube.com/live/uarNiSL_uh4?si=OlsyLMfn9y0Zkkxy)

Rencang.id – Apple kembali menggebrak pasar smartphone dalam acara “It’s Glowtime” yang berlangsung di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (10/9/2024). Dalam acara tersebut, Apple secara resmi memperkenalkan seri iPhone 16. Berkaitan dengan peluncuran seri iPhone 16, Apple kembali membuktikan dominasinya di jajaran pasar smartphone, dengan salah satu kunci yakni kehadiran chipset A18 Bionic. Peluncuran menggunakan otak chipset A18, iPhone mampu menghadirkan empat variannya yakni iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Performa yang Dimiliki

Apple mengklaim bahwa chipset A18 Bionic adalah yang tercepat, mampu memberikan kinerja jauh lebih cepat dan efisien dibanding pendahulunya, chipset A16 Bionic, yang dimiliki iPhone 15. Dalam unit pengolahan pusat (CPU) terdiri dari 6 core yang memiliki kinerja 30% lebih cepat, dengan ini akan terasa lebih responsif dan halus. Mulai dari membuka aplikasi hingga mengedit video. Dibekali dengan unit pengolah grafis (GPU) terdiri dari 5 core yang menghasilkan performa 40% lebih cepat dan 35% lebih efisien dibanding A16 Bionic yang mampu menghadirkan beberapa fitur untuk game, salah satunya adalah ray tracing. Kedua model tersebut, yakni iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, dapat menjalankan game AAA yang sebelumnya hanya tersedia di seri iPhone 15 Pro, akan dioptimalkan untuk jajaran iPhone 16. Berkat chipset ini menjadikan baterai iPhone 16 lebih awet dibanding pendahulunya. iPhone 15 terbilang punya baterai yang awet. Dengan perbandingan menonton streaming 20 jam, maka iPhone 16 dijanjikan bisa 24 jam nonstop.

Camera Control & Visual Intelligence

Tombol ajaib yang diletakkan di sisi kanan bawah dan gampang dijangkau, memudahkan pemotretan dengan satu tangan dan hasilnya akan lebih stabil. Cukup tekan satu tombol dan kamera langsung siap pakai, tak perlu ribet buka kunci layar dan geser-geser mencari ikon kamera. Adanya tombol ajaib ini akan membantu pengalaman motret lebih mudah dan seru. Fitur keren ini diberi nama Camera Control. Untuk penggunaan Visual Intelligence hampir mirip seperti memotret dengan tombol ajaib, karena juga melalui kamera. Fitur ini mirip-mirip dengan Google Lens, cukup mengarahkan kamera ke benda yang ingin diketahui. Contohnya mengarahkan kamera ke poster, maka Visual Intelligence akan langsung mencari informasi tentang poster itu.

Fusion Camera

“Nama kameranya diubah menjadi kamera Fusion, disertai dengan sensor quad-pixel yang lebih cepat dan efisien, memberikan Anda dua kamera berkualitas optik dalam satu kamera,” kata Kaiann Drance, Vice President of Worldwide iPhone Product Marketing Apple  Walaupun namanya baru, sebenarnya spesifikasi dasarnya tetap sama dengan model iPhone 15, mampu menangkap foto 24 MP dan 48 MP. Bedanya lensa kamera sekarang dilapisi anti-reflective agar fotonya makin berkualitas. Mode ultrawide-nya juga ditingkatkan untuk menangkap cahaya lebih banyak, misalnya mengambil foto di tempat yang gelap, hasilnya akan lebih terang.

iPhone 16 hadir dengan fitur-fitur yang keren, dengan harganya sama dengan seri pendahulunya, iPhone 15 tahun lalu. Berikut untuk rincian harga iPhone 16 standar dengan harga $799 (sekitar Rp 13,8 juta), iPhone 16 Plus dengan harga $899 (sekitar Rp 13,8 juta), iPhone 16 Pro dengan harga $999 (sekitar Rp 15,4 juta), dan iPhone Pro Max dengan harga $1.199 (sekitar Rp 18,5 juta). Meskipun harga di Indonesia akan lebih tinggi dari negara asal karena dikenai bea impor dan pajak, namun bagi penggemar Apple tetap akan menjadi pilihan


Lebih baru Lebih lama