Resmi, Gencatan Senjata Israel Diperpanjang Dua Hari

Created by: Sephia Nur Astuti
Editor by: Nur Indah Setyaningrum 
Sumber: Dokumen Pribadi

Rencang.id – Selasa, 28 November 2023 Israel resmi memperpanjang genjatan senjata selama dua hari. Hal ini lantas disambut bahagia oleh warga Palestina. Sebelumnya, Palestina dan Israel telah sepakat melakukan genjatan senjata selama empat hari mulai 24-27 November. 

Perpanjangan gencatan senjata ini belum resmi dikonfirmasi dari Tel Aviv. Namun, dilansir dari Al Jazeera, media lokal Israel, yakni Army Radio, menyebutkan bahwa daftar sandera terbaru yang akan dibebaskan pada Selasa (28/11) telah diterima oleh otoritas Tel Aviv.  

Di dalam gencatan senjata pihak Palestina yang diwakili Hamas juga melakukan perjanjian dengan Israel. Dalam perjanjian tersebut, Hamas harus membebaskan sebanyak 50 sandera dan dilakukan secara bertahap. Di sisi lain sebagai balasan, Israel juga melepaskan 150 warga Palestina dari penjara Israel.

Dilansir dari Al Jazeera, Klub Tahunan Palestina telah merilis daftar nama 15 anak-anak yang nantinya akan dibebaskan oleh Israel. 

Selama empat hari tersebut, Hamas telah membebaskan 13 sandera pada hari pertama dan 11 sandera dibebaskan pada hari keempat. Sedangkan Israel, telah membebaskan 150 tahanan, 39 diantaranya dibebaskan pada tiga hari pertama, dan 33 tahanan lainnya dibebaskan pada hari keempat. 
 
Lebih baru Lebih lama