Workshop Cukil dalam Pameran Seni Buka Rupa Vol 4

Created by: Madah Mazzidah
Editor by: Nur Indah Setyaningrum 
Suasana Acara Workshop Cukil dalam Pameran Seni Buka Rupa Vol 4 di Graha UIN Raden Mas Said Surakarta. Kamis (17/11/2023). Sumber : Madah Mazzidah


Rencang.id – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Rupa dan Desain (SRD) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta menggelar Pameran Buka Rupa Vol. 4 pada tanggal 16-18 November 2023 di Graha UIN Raden Mas Said Surakarta, (17/11/2023).

Buka Rupa, acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh UKM SRD. 
Kebetulan pada tahun ini, Buku Rupa mengusung tema “GAMAN”, maknanya menggambarkan tentang senjata yang kuat dalam menjalani proses kehidupan. 

“Gaman memiliki arti seperti sebuah pegangan hidup bagi diri sendiri agar membuat hidup kita kuat,” ucap Emilia selaku panitia acara.

Terdapat kurang lebih 50 karya yang dipamerkan. Karya yang ditampilkan tidak hanya hasil karya anggota UKM SRD, tetapi juga berasal dari pihak luar yang sudah mendapatkan diri.

“Untuk acara pameran Buka Rupa ini ada pihak lain yang ikut submit karya. Sistemnya siapa pun bisa submit dengan cara meng-upload di Instagram. Jadi untuk anggota maupun pihak lain bisa mengikuti, tetapi harus diseleksi dulu," ujar Emilia.

Ada beberapa serangkaian acara yang diadakan selama pameran Buka Rupa Vol 4, salah satu kegiatan yang diselenggarakan di hari kedua adalah Workshop Cukil dengan pemateri dari Sub Studio. Selain itu, ada performing art dari Sanggar Seni Ki Jagadt Sumber.

“Hari ini ada Workshop Cukil dari pihak luar, yaitu Sub Studio. Nanti malam ada performing art dari sanggar luar. Kalau besok, paling acara open gallery seperti biasa dan live mural,” jelas Emilia.

Acara workshop diikuti kurang lebih 11 peserta dari mahasiswa maupun umum. Hal tersebut membuat Emilia berharap supaya acara yang diadakan oleh UKM SRD dapat dikenal banyak orang.

“Kalau aku berharap acara-acara UKM SRD dapat dikenal banyak orang, dan acaranya berjalan dengan baik,” harapan Emilia.
Lebih baru Lebih lama