Semprotulation dan Perayaan yang Berkesan

Created by: Ahmad Taufiq
Editor by: Syefia Syalsya Bila
 
Sekelompok mahasiswa yang sedang merayakan keberhasilan temannya dalam seminar proposal, di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta


Rencang.id –  Akhir-akhir ini di gedung Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) diramaikan dengan mahasiswa yang berkumpul. Ada yang membawa buket bunga, bingkisan, jajanan, dan lain sebagainya. Ternyata, mereka merayakan atau memberikan ucapan selamat kepada salah satu temannya yang telah menyelesaikan ujian seminar proposal skripsi yang dibuatnya.

 Perayaan ujian seminar proposal itu selain dilakukan secara langsung, juga ramai ucapan-ucapan selamat yang dibuat di media sosial masing-masing, seperti misalnya melalui status yang dibagikan melalui WhatsApp. Berbagai macam bentuk ucapan atas selesainya ujian seminar proposal tersebut seperti happy semprotulation, semprotulation, happy sempro, happy semprotulation day, dan masih banyak lagi.

Lalu sebenarnya apa itu ujian seminar proposal dan apakah perlu untuk dirayakan? Ujian seminar proposal, salah satu tahap yang harus dilalui mahasiswa untuk menyelesaikan studinya. Di mana, mahasiswa harus melakukan pengujian dari proposal skripsinya sebelum dilanjutkan untuk penelitian. Mahasiswa yang telah selesai melakukan ujian itulah yang kemudian mendapatkan ucapan semprotulation. Semprotulation merupakan gabungan dari dua kata (sempro dan congratulation) kedua kata itu digabung untuk mempersingkat dalam pengucapannya.

Memang budaya perayaan ujian seminar proposal tersebut sudah lazim dilakukan. Perayaan yang dilakukan tentunya untuk memberikan ucapan selamat sekaligus memberi semangat, karena setelahnya mahasiswa tersebut akan melakukan sebuah penelitian. Salah satu mahasiswa KPI yang diwawancarai, Shofi, menanggapi hal tersebut adalah suatu hal yang sudah menjadi budaya. Menurutnya, hal tersebut perlu dan tidak perlu untuk dilakukan, namun bisa juga untuk menjadi penyemangat. 

Menurut saya hal itu memang sudah menjadi budaya, saya sebagai teman juga akan memberikan ucapan selamat dan semangat jika teman saya selesai melakukan ujian seminar proposal. Namun, bagi saya sendiri perayaan tersebut tidak perlu secara meriah, berbeda lagi jika itu merupakan ujian kelulusan bagi saya,"jelas Shofi. 
Lebih baru Lebih lama