Perpustakaan FUD Sudah Tidak Menerima Skripsi Cetak

Created by: Intan Salsabila dan Qori Hayati
Editor by: Nur Indah Setyaningrum

Perpustakaan fakultas FUD. Sumber foto: Intan Salsabila.


Rencang.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said selain memiliki perpustakaan pusat, juga memiliki perpustakaan fakultas, salah satunya Perpustakaan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD). Perpustakaan FUD mulai beroperasi pukul 08.00 WIB hingga 15.30 WIB. Kehadiran perpustakaan FUD memudahkan mahasiswa untuk mencari buku yang sesuai dengan mata kuliah wajib fakultas dan prodi mereka.

Perpustakaan FUD memiliki kebijakan sendiri yang tidak sama dengan perpustakaan pusat. Perbedaan kebijakan itu terletak pada kepemilikan cetakan skripsi. 

Hal ini pun menjadi pertanyaan beberapa mahasiswa, "Mengapa perpus FUD tidak menyediakan skripsi cetak?"

Salah satu staf perpustakaan FUD, Khoirul Maslahah, mengatakan bahwa sekarang skripsi yang dikumpulkan untuk perpus FUD, sudah berbasis online atau lebih tepatnya menggunakan file, bukan berupa cetakan lagi.

“Kalau skripsi dicetak, maka ruangannya akan penuh dengan skripsi dan buku-buku lainnya. Jika ruangan penuh, maka akan membuat ruang baca di dalam perpustakaan akan sempit dan juga membuat mahasiswa tidak nyaman,” jelas Khoirul Maslahah.

Perpustakaan FUD telah berhenti menerima cetakan skripsi mahasiswa sejak tahun 2020 awal karena pandemi dan menerima file skripsi mahasiswa lewat email. 

"Awalnya kita masih mengumpulkan CD skripsi karena social distancing. Tidak boleh aktivitas di luar ruangan, kita menerima file skripsi lewat email," imbuhnya.

Bayangkan saja jika ada 100 lebih wisudawan FUD yang lulus, maka 100 skripsi cetak harus memenuhi ruang perpustakaan yang tidak terlalu luas itu. Pada akhirnya, memakan ruang untuk mahasiswa membaca atau mengerjakan tugas di perpustakaan FUD.

Maka dari itu, untuk meminimalisir banyaknya cetakan skripsi mahasiswa, mahasiswa cukup mengumpulkan skripsi soft file melalui email.

"Mahasiswa dapat mengakses skripsi lewat katalog website fakultas. Skripsi yang dapat diakses secara umum hanya abstrak, bab 1, bab 5, daftar pustaka, dan lampiran," kata Khoirul Maslahah.

Mahasiswa yang ingin mengakses file skripsi secara privat, harus mendaftarkan diri ke staf perpustakaan untuk mendapat password dan login akses skripsi secara lengkap. Tujuan skripsi tidak di-publish secara fullteks untuk meminimalisir plagiarisme jika skripsi tersebut akan dibuat jurnal.
Lebih baru Lebih lama