Penggalangan Dana Artis Indonesia

Created by: Nafi'ah Nur Syifa
Editor by: Nur Indah Setyaningrum 
Sumber: Dokumen pribadi 

Rencang.id – Peperangan antara Palestina dan Israel masih berlangsung hingga sekarang. Hal itu menyebabkan banyak warga Palestina yang menjadi korban dan tidak memiliki tempat aman untuk berlindung. Atas dasar kemanusiaan, banyak artis memberikan bantuan untuk Palestina, termasuk artis Indonesia.

Banyak artis dan influencer Indonesia yang menyuarakan dukungannya untuk Palestina. Seperti Raffi Ahmad, Syifa Hadju, Atta Halilintar, Melly Goeslaw, Teuku Wisnu, dan sebagainya. Salah satu bentuk dukungannya adalah penggalangan dana online yang dicantumkan di media sosial pribadi mereka. Namun, niat baik mereka justru membuat pro dan kontra bagi warga Indonesia.   

“Memang niatnya, sih, baik kaya membantu. Cuma karena lagi keadaan ricuh-ricuhnya, jadi kaya sekalian ngebantu dan juga menaikan viewers dan follower mereka. Menurutku, memang ada niat baik, tapi pasti juga ada niat tambahan lainnya. Soalnya aneh aja gitu peperangan kayak gini gak terjadi baru aja, tapi kenapa mereka baru nolonginnya sekarang? Dulu-dulu ke mana? Tiba-tiba mereka kayak menggalang dana kenapa?” ujar Qori, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Solo.

“Niat bantu, sih, pasti ada, tapi kalau menurut aku pasti ada unsur pansos juga. Soalnya kan mendukung Palestina lagi musim banget, otomatis kalo menggalang dana, follower-nya pasti pada respect kan. Terus mereka pada mikir, 'Oh, berarti artis ini pro-Palestina' akhirnya kek komen positif semua, nambah fans, deh,” ujar Ceri, mahasiswa Setia Budi Surakarta.

“Kalo menurutku, sih, dia emang niat ngebantu beneran. Kalo masalah pansos, sih, engga ya,” ujar Sindi, mahasiswa Duta Bangsa Surakarta.

“Yang pasti mereka niat bantu tanpa minta imbalan apa-apa, sih,” ujar Mika, mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta. 
Lebih baru Lebih lama