Mengapa Emoji Potongan Semangka Menjadi Pengganti Bendera Palestina? Ini Alasannya!

Created by: Anjani Putri Ramadhani dan Zahroh Hidayatul Mufidah
Editor by: Nur Indah Setyaningrum 
Sumber gambar: sumeks.disway.id

Rencang.id – Belakangan ini, sedang ramai beredar di media sosial mengenai emoji potongan buah semangka. Banyak pengguna media sosial menggunakan emoji ini untuk menyuarakan dukungan mereka terhadap Palestina agar tidak terkena banned

Apa sebenarnya arti potongan buah semangka tersebut? 

Emoji buah semangka dinilai mirip atau merepresentasikan bendera Palestina. Dimulai dari daging buah semangka yang berwarna merah, kulitnya berwarna hijau, putih di bagian tengah, dan biji semangka yang berwarna hitam. Warna-warna tersebut mirip seperti bendera Palestina.

Sedangkan dalam sejarah, pada tahun 1967 terjadi perang 6 hari antara Israel dengan koalisi Arab yang terdiri dari Mesir, Suriah, dan Yordania. Selama itu, Israel melarang bendera Palestina berkibar di perbatasannya. Hal ini dilakukan untuk membatasi nasionalisme antara Palestina dan Arab. 
Hingga muncul perjanjian Oslo pada tahun 1963 antara Israel dan otorita Palestina yang melonggarkan pembatasan terhadap warga Palestina di Israel. Ketika perjanjian itu dikeluarkan, potongan buah semangka digunakan untuk demonstrasi menentang pendudukan Israel di tepi barat dan Gaza.

Akan tetapi, siapa sangka penggunaan simbol potongan semangka justru menimbulkan pro dan kontra. Mereka yang pro, menganggap penggunaan simbol semangka itu bukanlah sebuah masalah. Karena yang terpenting adalah tujuan untuk mendukung Palestina.

Di sisi lain, mereka yang kontra menganggap bahwa penggunaan simbol semangka sebagai bentuk ketidakpercayaan diri. Mereka beranggapan simbol semangka membuat orang terlena dan tidak percaya diri untuk mengunggah bendera Palestina bahkan melupakan fungsi bendera. 
Lebih baru Lebih lama