Solusi Mahasiswa Menggunakan Kamar Mandi di Gedung Laboratorium

Created by: Alfina Qurnia Ashari
Editor by: Nur Indah Setyaningrum

Kamar mandi wanita di Gedung Laboratorium Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta yang ditutup menggunakan ember, (10/10/2023).


Rencang.id – Salah satu keresahan mahasiswa saat menggunakan Gedung Laboratorium adalah kamar mandi. Kamar mandi di gedung ini tidak memiliki pengait kunci. Hal inilah yang mengharuskan mahasiswa untuk mengeluarkan ide-ide kreatifnya saat menggunakan kamar mandi.

Hafizt Ayatullah, mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah, pernah menggunakan kamar mandi di Gedung Laboratorium. Ide kreatif yang dia keluarkan ialah menggunakan kunci motor atau bolpoin untuk dijadikan pengait pintu.

Ada pula Desi Afifa Aminatun, mahasiswa Ilmu Al Qur’an di Tafsir. Dia juga pernah menggunakan kamar mandi di Gedung Laboratorium. Solusi yang dia lakukan dengan mengajak teman untuk berjaga di depan kamar mandi.

Manusia adalah makhluk yang tanpa batas. Mereka bisa memecahkan masalah yang ada di sekitarnya ketika dalam keadaan terdesak. Hal itu juga dilakukan oleh mahasiswa UIN Solo ketika menghadapi masalah terkait dengan fasilitas kampus yang kurang memadai.
Alih-alih protes atau menggerutu, mereka memilih melakukan hal-hal kreatif di luar nalar. Meskipun ide-idenya nyeleneh, tetapi mampu mengatasi masalah yang mereka hadapi. 

Hafidz dan Desi hanya menjadi contoh dari mahasiswa yang pernah menggunakan kamar mandi di Gedung Laboratorium. Pastinya lebih banyak ide-ide kreatif para mahasiswa yang pernah menggunakan kamar mandi tersebut. Semoga dari pihak kampus segera melakukan perbaikan fasilitas agar warga kampus terpenuhi haknya.


Lebih baru Lebih lama