Pergelaran Pelestarian Budaya Barongsai dalam Pesantren Expo 2023

Created by: Leo Rachman dan Afnan Nadhif
Editor by: Amirotul Lutfiyyah 

Foto anggota barongsai bersama pengurus acara Hari Santri Nasional di Graha UIN Raden Mas Said Surakarta, Sabtu (21/10/2023) .
Sumber: Leo Rachman 

Rencang.id – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta menghadirkan pentas Barongsai pada Sabtu (21/10/2023). Acara ini termasuk dari rangkaian semarak Pesantren Expo 2023 yang digelar di Graha UIN Raden Mas Said Surakarta.

Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta, Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag., M.Ag, menjelaskan alasan mengapa pentas barongsai turut memeriahkan peringatan HSN tersebut.

“Hari santri juga dalam rangka melestarikan budaya Indonesia, termasuk barongsai. Ternyata barongsai itu menyenangkan,” ujar beliau.

Grup barongsai yang sedang perform. Sumber: Afnan Nadhif

Grup Barongsai Naga Angin Lereng Merbabu Getasan Kopeng menjadi grup yang berkesempatan untuk mengisi pentas barongsai kali ini. Salah satu anggotanya, Rizal, menjelaskan bahwa mereka melakukan latihan secara rutin, minimal 1 kali dalam seminggu. Uniknya, dalam penampilan barongsai kali ini, ada dua anggota cilik yang yang berusia 8 tahun ikut menampilkan kebolehannya di atas panggung. Mereka melakukan latihan barongsai sejak usia 5 tahun.

Rizal juga mengungkapkan bahwa acara ini memberikan kesan tersendiri. Pentas Barongsai berjalan cukup meriah dan banyak dihadiri penonton. Dengan adanya gelaran ini, sekaligus menjadi bentuk dukungan agar generasi muda menjadi lebih maju dan berbudaya. Rizal juga berpesan agar acara tersebut dapat diselengarakan rutin setiap tahun.

”Semoga acara ini dapat diadakan satu tahun sekali dan kalau bisa diadakan di luar Expo yang bertajuk keagamaan dan akademis,” pungkasnya.

Lebih baru Lebih lama