Merintis Bisnis Sejak Mahasiswa: Dari Karyawan Cuci Sepatu Sampai Buka Store Lebih dari Satu


Created by: Anjani Putri Ramadhani dan Zahroh Hidayatul Mufidah
Editor by: Syefia Syalsya Bila

sumber dokumen pribadi 

Rencang.id – Menjadi seorang mahasiswa bukan hal yang mudah. Selain tugasnya yang cukup berat, biayanya pun tidak sedikit untuk dapat kuliah. Apalagi ketika kita tidak berasal dari keluarga yang cukup berada, itu sedikit membuat overthinking. 

Saat ini, tidak sedikit para mahasiswa mencari uang tambahan untuk mengurangi beban orang tua, dengan cara kuliah sambil bekerja. Hal ini dapat membuat mahasiswa lebih mengerti akan dunia kerja. 

Namun, tidak semua orang bisa melakukan dua pekerjaan secara bersamaan. Seperti yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Solo, Azhar Ian Pangestu. Ia berhasil menciptakan usaha sendiri tanpa privilege.

"Awal dulu pas lulus SMK, aku udah ikut kerja di cucian sepatu gitu. Pertamanya ga ada kepikiran untuk buka sendiri, nah temanku yang kerja di sana ngajak untuk buka sendiri. Niatnya kita mau kerja sama, ternyata pemikiran kita beda, akhirnya aku buka sendiri. Itu posisinya aku masih kerja di cucian sepatu, tapi diam-diam udah buka store sendiri namanya Pure Clean," jelas Azhar.

Azhar juga menjelaskan alasan dia tidak berhenti bekerja terlebih dahulu sebelum buka store sendiri,
 
"ya karena aku masih punya tanggungan dan masih mau cari uang yang lebih. Jadinya ga keluar dulu," jelas Azhar.

Selain bekerja di store cucian sepatu, Azhar juga mempunyai pekerjaan sampingan yaitu menjadi driver ojek online. Setiap mendapat penumpang, sesekali ia mempromosikan jasa cuci sepatu miliknya.

 “Jadi kalau ada penumpang, aku sering bilang kalau aku punya store cuci sepatu yang murah, sering promo, dan bisa antar jemput,” ungkap Azhar. 

Sementara ini, Azhar memiliki dua store cuci sepatu. Store I terletak di Jl. Pajajaran Utara II No. 02 Sumber, Banjarsari, Surakarta. Lalu untuk store II di Jl. Kandang Menjangan, Ngemplak, Kartasura. 

“Motivasi aku buka store ini, pengen dapat penghasilan dari keringat sendiri dan supaya ga bergantung sama orang tua terus sih. Di sisi lain, aku juga ingin membuka lapangan kerja buat orang lain,” ungkap Azhar saat ditemui Selasa (03/10/23). 

Lebih baru Lebih lama