Menciptakan Kurikulum Digital Preneurship, Salah Satu Program Unggulan Rektor Baru UIN Raden Mas Said Surakarta

Created by: Fauziah Latifatun Nisa
Editor by: Amirotul Lutfiyyah 

Prof.Mudofir dan Prof. Toto dalam acara serah terima jabatan rektor di aula rektorat, Jumat (27/10/2023). Sumber: Fauziah


Rencang.id – Prof. Toto Suharto, rektor baru Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta periode 2023-2027 memiliki beberapa program unggulan. Salah satunya menciptakan kurikulum Digital Preneurship. Hal ini disampaikan dalam acara serah terima jabatan Rektor UIN RM Said Surakarta, dari Prof. Mudofir ke Prof. Toto Suharto.

"Ada tiga item skill abad 21, yaitu pondasi literasi atau literasi dasar, kompetensi, dan karakter. Untuk menanamkan skill ini pada mahasiswa, saya akan mencoba membangun kurikulum Digital Preneurship," tuturnya.

Kurikulum Digital Preneurship diharapkan menjadi pintu masuk mahasiswa untuk melek digital. Bonus demografi bangsa Indonesia yang diisi usia produktif harus diimbangi dengan literasi digital yang tinggi.

"Selama ini di Fakultas Adab dan Bahasa (FAB) sudah ada mata kuliah literasi digital. Sekarang saya akan merancang mata kuliah wajib universitas yaitu Digital Preneurship. Karena yang kita miliki saat ini adalah sumber daya manusia (SDM) mahasiswa yang merupakan bonus demografi," lanjut Prof. Toto.

Menurut Prof. Toto, saat ini, selama memiliki kemampuan, tamat SMA tanpa perlu kuliah bisa bekerja di Google atau perusahaan multinasional yang lain. Oleh karena itu, agar mahasiswa dapat mengimbangi perkembangan zaman, maka disarankan untuk mengikuti diklat dan mempunyai sertifikat yang berkaitan dengan literasi digital.

"Output dari program ini adalah, harapannya mahasiswa mempunyai sertifikasi kompetensi tambahan," pungkas Prof. Toto.
Lebih baru Lebih lama