Keren! Shin Tae-yong Raih Penghargaan Sebagai Pelatih Olahraga Terfavorit di Indonesia Award 2023

Created by: Tri Martanto
Editor by: Nur Indah Setyaningrum

Sumber : https://media.suara.com/pictures/653x366/2023/09/01/44735-shin-tae-yong.webp


Rencang.id –   Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong terpilih menjadi pemenang kategori pelatih olahraga terfavorit dalam acara Indonesia Award 2023. Acara tersebut, dilaksanakan di iNews Tower, Jakarta, Kamis (31/8/2023). Pada kesempatan yang sama, pelatih Timnas Indonesia ini, menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang telah diterima.

Momen menarik terjadi ketika Shin Tae-yong naik ke atas panggung hendak memberikan sambutan. Dia mendapatkan lemparan buket bunga. Dengan sigap, Shin Tae-yong menangkap lemparan bunga dari seorang pria di bawah panggung. 

“Aku cinta pada Indonesia," ucap Shin Tae-yong sebelum menyampaikan sambutannya.

Pada sambutannya, pelatih asal Korea Selatan itu, menyampaikan bahwa penghargaan yang telah diterima adalah sebuah kehormatan dan penyemangat dalam memimpin Timnas Indonesia.

"Terima kasih sudah diberikan penghargaan, sebuah kehormatan bagi coach (pelatih) sendiri. Coach Shin berpikir dengan (penghargaan) ini, akan bisa bekerja lebih keras lagi dengan Pak Erick Thohir. Jadi, kedepannya akan lebih berusaha semaksimal mungkin agar bisa mengembangkan sepak bola Indonesia lebih maju lagi dengan Pak Erick Thohir, terima kasih,” ucap Shin Tae-yong yang langsung diterjemahkan oleh asistennya.

Terpilihnya Shin Tae-yong sebagai pelatih olahraga terfavorit 2023 menjadi bukti bahwa coach Shin dicintai oleh masyarakat Indonesia. Karena dalam menentukan pemenang nominasi ajang Indonesia Award 2023, melibatkan partisipasi masyarakat. Beberapa nominasi pelatih olahraga terfavorit dalam ajang Indonesia Award 2023 diantaranya adalah Aryono Miranat, Herry IP, Indra Sjafri, Irwansyah, Jiang Jie, dan Shin Tae-yong. 
Shin Tae-yong resmi menjadi pelatih timnas sepak bola Indonesia sejak 2020 lalu. Dia dikontrak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sejak 1 Januari 2020 hingga 31 Desember 2023. Kemudian, mendapat perpanjangan kontrak selama enam bulan. 

"Coach Shin, kita punya komitmen sampai Juni 2024,” ujar Pak Erick Thohir kepada awak media pada 8 September lalu di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Selama 3 tahun menjadi arsitek sepak bola Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah berhasil membawa tim Merah Putih menembus dua final. Akan tetapi, belum sekalipun mendapatkan juara. Tercatat Shin Tae-yong pernah melakoni lima turnamen dalam level ASEAN dan Asia bersama Timnas Indonesia. Meskipun belum berhasil membawa Timnas Juara di berbagai turnamen, tetapi coach Shin berhasil meningkatkan level permainan Timnas Indonesia di segala usia. Dia juga berhasil menaikkan peringkat Timnas Indonesia dari 173 menjadi 150 dunia. Selain itu, dia juga berhasil meloloskan Indonesia ke piala Asia 2023 setelah 16 tahun absen dari turnamen bergengsi tersebut. 

Semoga dengan dengan penghargaan yang diberikan kepada coach Shin Tae-yong, dapat menjadikan pelecut semangat coach Shin untuk membawa timnas sepak bola Indonesia menjadi lebih maju. 

Lebih baru Lebih lama