Jarang Diketahui, UIN SOLO Punya Koperasi Mahasiswa, loh!

Created by : Sephia Nur Astuti dan Fadhilah Khoirunnisa 
Editor by: Nur Indah Setyaningrum

Logo KOPMA UIN Raden Mas Said Surakarta
Sumber Gambar: Akun Instagram KOPMA UIN Raden Mas Said Surakarta 


Rencang.id –   Setiap kampus akan selalu menawarkan fasilitas untuk memberikan kenyamanan dalam menunjang kegiatan mahasiswa. Fasilitas tersebut dapat berupa materiil dan imateriil, serta segala kegiatan yang bersifat akademik dan nonakademik. Salah satu contoh dari fasilitas non akademik adalah Koperasi Mahasiswa (KOPMA). 

Seperti namanya, KOPMA merupakan koperasi yang dijalankan oleh mahasiswa.
Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta menjadi salah satu kampus yang menyediakan fasilitas KOPMA dan sudah didirikan sejak tahun 1998. Selain itu, KOPMA juga menawarkan peminjaman barang yang dapat dilakukan oleh seluruh mahasiswa UIN Raden Mas Said. 

KOPMA seharusnya menjadi salah satu opsi bagi mahasiswa untuk mencari makanan ataupun minuman. Karena hal itu merupakan tujuan utama berdirinya KOPMA. Namun, kenyataannya banyak mahasiswa yang belum mengetahui atau bahkan merasa asing dengan KOPMA. Salah satu bentuk usaha KOPMA adalah “Ayam Ngampus” yang terletak di belakang menara UIN. 

Warung Ayam Ngampus adalah warung yang dijalankan oleh anggota KOPMA dengan menawarkan beberapa olahan ayam dan minuman. Meskipun masih berada di area UIN, warung makan tersebut terlihat sepi pengunjung bahkan masih banyak mahasiswa yang tidak tahu dengan warung itu. Selain warung makan, KOPMA UIN juga memiliki Kopmart yang merupakan singkatan dari koperasi dan mart.

“Saya sendiri malah tidak tahu kalau ada warung makan di dekat menara UIN. Mungkin karena lokasinya kurang terlihat,” ujar salah satu mahasiswa UIN Raden Mas Said, Rabu (27/09/2023).

Hasil wawancara di atas, menegaskan bahwa marketing dari pengurus dan anggota KOPMA masih kurang. Seharusnya dilakukan evaluasi terkait hal ini. Mengingat masih banyak mahasiswa yang belum tahu tentang KOPMA. 

“Dari anggota KOPMA sendiri sebenarnya kita sudah melakukan usaha agar nama market kita lebih dikenal oleh mahasiswa UIN bahkan kami juga sudah memiliki akun media sosial untuk promosi ini. Dari anggota kami juga telah memperkenalkan usaha yang kami bangun dengan mengajak teman untuk mampir ke market kami,” ungkap salah satu anggota Kopma, Rabu (27/09/2023).

KOPMA nyatanya juga telah melakukan promosi melalui media sosial, yakni berupa akun di platform Instagram. Namun, hal ini belum mampu meningkatkan branding KOPMA. Selain promosi melalui media sosial, KOPMA melakukan promosi dengan mengajak teman dari anggota maupun pengurus untuk mampir ke market mereka. 

Sebenarnya KOPMA memiliki banyak fasilitas yang dapat dinikmati oleh seluruh mahasiswa UIN. Namun, karena kurangnya promosi, mengakibatkan mahasiswa UIN tidak mengetahui fasilitas yang ditawarkan oleh KOPMA. Pengurus dan anggota KOPMA harus lebih gencar lagi melakukan promosi. 

Tidak hanya melalui media sosial, tetapi dapat dengan cara alternatif, yakni melalui pembagian dan penempelan pamflet. Untuk melihat berbagai fasilitas yang ditawarkan KOPMA, dapat dilihat melalui akun Instagram @kopma_mb ataupun unit usaha yang dimiliki KOPMA, yakni @kopmamrtmb dan @ayam_ngampus_com. 
Lebih baru Lebih lama