Bukan Sekadar Tempat Berteduh, Gazebo Menjadi Alternatif Ruang Kelas Kedua

Created by: Mustika Wahyaning Hamestuti
Editor by: Nur Indah Setyaningrum

Gazebo UIN Raden Mas Said Surakarta - Berapa mahasiswa sedang mengerjakan tugas secara kerja kelompok di Gazebo FUD, Rabu (7/10/2023). 
      Sumber Foto: Mustika Wahyaning Hamestuti

Rencang.id – Di selasar-selasar kampus, sering kali dijumpai dengan keberadaan gazebo yang biasa dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai tempat singgah ataupun menunggu teman. Bahkan gazebo kerap dianggap sebagai kelas kedua oleh mahasiswa. 

Gazebo berasal dari kata gaze (Inggris) artinya memandang, ebo (Latin) artinya luar. Jadi, makna dari gazebo adalah tempat yang berada di luar ruangan yang bertujuan sebagai tempat berkumpul. Tidak jarang juga gazebo disebut dengan saung karena kegunaannya untuk bersantai. Selain itu, gazebo juga bermanfaat untuk tempat mahasiswa mengerjakan tugas. 

“Belajar di dalam ruangan juga berpontensi muncul rasa bosan karena hanya melihat papan tulis, dan duduk di kursi dengan waktu yang lama. Maka dari itu, gazebo adalah tempat yang tepat untuk berpikir lebih fresh, dan mendorong ide-ide baru mahasiswa,” ujar mahasiswi Psikologi Islam, Anik.

Penggunaan gazebo sebagai kelas kedua juga tergantung dengan cara mahasiswa beradaptasi. Tidak semua mahasiswa merasa nyaman di gazebo. Namun, setiap mahasiswa berhak menikmati fasilitas gazebo yang sudah disediakan oleh kampus. 

“Fungsi Gazebo sangat bermanfaat karena dapat diunakan sebagai tempat mahasiswa berisitirahat setelah perkuliahan. Selain itu, gazebo dapat digunakan untuk mengerjakan tugas kelompok, sembari mengobrol dengan teman sambil makan dan minum. Namun, gazebo di sini masih terbilang kecil dan jumlahnya yang sedikit,” kata mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Dhea.

Oleh sebab itu, banyak anggapan bahwa gazebo adalah kelas kedua karena bisa menghadirkan suasana berbeda. Suasana berbeda untuk mengerjakan tugas kelompok agar lebih efektif, melihat pemandangan indah di luar kelas dengan terpaan angin yang menemani mahasiswa belajar. Gazebo juga mampu menjadi salah satu penawaran yang baik bagi mahasiswa dalam berkomunikasi. Selain itu, gazebo juga dapat digunakan sebagai tempat beristirahat ditengah-tengah padatnya kegiatan kampus.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah setuju dengan adanya pernyataan gazebo kampus, kelas kedua bagi mahasiswa? Atau bahkan nyaman digazebo dibandingkan di kelas?
Lebih baru Lebih lama