UKM Pencak Silat Menangkan Kejuaraan Lomba Tingkat Nasional


Created by: Zahroh Hidayatul Mufidah
Editor by: Syefia Syalsya Bila 

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat Universitas Islami Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta Saat Mengikuti Lomba Kejuaraan Nasional Pencak Silat Jayakarta Championship 2


Rencang.id – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta mengikuti Kejuaraan Nasional Pencak Silat Jayakarta Championship 2. Kejuaraan ini digelar pada hari Jumat-Minggu tanggal 15-17 September 2023 di GOR Ciracas, Jakarta Timur.

Kejuaraan ini diikuti oleh beberapa cabang perguruan yang ada di UKM Pencak Silat. UKM ini mengirimkan 24 delegasi yang diketuai oleh M. Shidiq Al Aziiz serta didampingi 3 manajer. Berkat kegigihannya, mereka berhasil membawa pulang 5 medali emas, tujuh perak, lima perunggu, dan trofi juara umum 1.

Kejuaraan ini digelar untuk menjadi panggung bagi bakat-bakat muda pencak silat dari seluruh penjuru Indonesia. Sebelum berangkat bertanding, UKM Pencak Silat mengadakan latihan pra kompetisi.

‘‘Biasanya latihan 5 hari dalam seminggu, kadang sehari latihan bisa 2 sampai 3 kali. Kalau jadwal latihan malam dari habis isya sampai setengah 10-an lah,” jelas Ajeng Pradana, Atlet Pencak Silat UIN Raden Mas Said Surakarta.

Atlet pencak silat sendiri sering mengalami sakit tifus, akibat kelelahan dan kurang memperhatikan kesehatan diri sendiri ketika latihan. 

“Pokoknya sakit tifus tuh sudah jadi langganan banget anak silat gara-gara jarang memperhatikan kesehatannya, terus juga sesekali mengalami cedera di bagian tangan,” ungkap Ajeng.

Saat latihan beberapa atlet juga sering mengalami kendala karena bentrok dengan jadwal kuliah, sehingga atlet UKM Pencak Silat harus pandai-pandai dalam membagi waktu untuk latihan.

Saat ini, UKM Pencak Silat kampus UIN Raden Mas Said Surakarta juga tengah mempersiapkan perlombaan Pekan Olahraga dan Seni (PORSI) untuk bulan November nanti yang akan di selenggarakan di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jawa Timur.  

“Kita juga sedang mempersiapkan diri untuk lomba lanjutan piala rektor nanti bulan November di Jember,’’ kata Ajeng saat ditemui Selasa (25/09/2023).
Lebih baru Lebih lama