Sudah Berstatus Mahasiswa, Masih Buang Sampah Sembarangan?



Created by : Wisna Kusuma Anggraini
Editor by : Syefia Syalsya Bila 


(Mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta duduk di teras baca perpustakaan kampus dengan sampah yang berserakan di area tempat duduk, Rabu (12/9/2023) Sore WIB.)


Rencang.id — Banyak sampah berserakan di area teras baca perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta. Hal ini tentu mengganggu kenyamanan pengunjung yang sedang membaca atau sekedar bersantai.

"Sering sekali lihat sampah di sini, waktu mau duduk di teras baca sampah ditinggal di tempat duduk, atau dibuang sembarangan," kata Nala, Mahasiswa Psikologi Islam UIN Raden Mas Said Surakarta, Rabu (12/09/2023).

Memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan adalah sikap dasar yang baik. Apalagi mahasiswa yang berpendidikan tinggi, seharusnya lebih peduli pada lingkungan dan malu jika masih membuang sampah sembarangan.

Keberadaan tempat sampah juga harus menjadi hal yang diperhatikan. Karena, saat tempat sampah ditemukan di banyak titik, maka akan lebih memudahkan mahasiswa ketika akan membuang sampah. Akan tetapi, di teras baca UIN Raden Mas Said Surakarta sulit ditemukan tempat sampah.

"Kalau mau membuang sampah itu harus keliling ke tempat lain dulu untuk menemukan tempat sampah," lanjut Nala.

Tidak heran, jika pada akhirnya banyak mahasiswa yang kemudian meninggalkan sampah sembarangan. Hal ini disebabkan karena tempat sampah sulit ditemukan, dan malas untuk berusaha mencari tempat sampah.

"Sangat menyayangkan, dengan tidak adanya tempat sampah di teras baca, memicu mahasiswa untuk membuang sampah sembarangan," pungkas Nala.

Kesadaran mahasiswa akan pentingnya membuang sampah sembarangan juga harus diimbangi dengan fasilitas umum yang memadai. Salah satunya adalah ketersediaan tempat sampah. Bahkan akan lebih baik, apabila tempat sampah yang tersedia adalah tempat sampah yang sesuai dengan jenis sampahnya.


Lebih baru Lebih lama