Program Studi Teknologi Pangan UIN Raden Mas Said Surakarta

    
Created by : Intan Salsabila dan Qori Hayati
    Editor by: Nur Indah Setyaningrum 

   
                   Foto Ilustrasi 


Rencang.id — Program Studi (Prodi) Teknologi Pangan adalah prodi umum baru di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta. Prodi Teknologi Pangan didirikan ketika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta baru mengganti nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta. Melansir dari website Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta https://uinsaid.ac.id/id/siap-berkontribusi-positif-capai-sdgs-uin-rm-said-luncurkan-prodi-ilmu-lingkungan-dan-teknologi-pangan , terdapat dua prodi umum dalam bidang sains yang baru diluncurkan, yaitu Prodi Ilmu Lingkungan dan Teknologi Pangan. Prodi Teknologi Pangan diresmikan pada Rabu, 8 Februari 2023 di Aula Lantai 3 Rektorat UIN Raden Mas Said.

Pembukaan Prodi Teknologi Pangan ini diharapkan dapat menjadi unggulan, serta para alumninya kelak dapat berguna bagi lingkungan dan juga negeri. Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta, Mudofir, menyampaikan harapan-harapannya untuk prodi tersebut pada saat acara peluncuran, "Selain menjawab tantangan Sustainable Development Goals (SDGs) pada poin zero hunger, good health and wellbeing, responsible consumption and production-pendirian, prodi ini diharapkan mampu memperkuat peran serta UIN sebagai bagian dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dalam membangun ekosistem halal di Indonesia," ujarnya.

Mahasiswa tidak perlu khawatir bagaimana lulusan prodi ini saat terjun di dunia kerja. Terdapat banyak pekerjaan yang bisa dipilih mahasiswa ketika mereka lulus nantinya, seperti quality assurance (QA), quality control (QC), product specialist, research and development (RND), konsultan di industri pangan, auditor di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), dan wirausahawan di bidang pangan. 

Salah satu mahasiswa baru Prodi Teknologi Pangan, Lulu Rikha Setyani, mengetahui adanya prodi tersebut setelah mencari informasi tentang prodi-prodi di UIN Raden Mas Said melalui website. Alasan Lulu memilih Prodi Teknologi Pangan karena dukungan dan nasihat dari kedua orang tuanya, "Kata orang tua, pangan itu bakal dibutuhkan manusia sampai kapanpun. Jadi, orang tua mendukung banget." 
Lebih baru Lebih lama