Perempuan Berhak Tumbuh, Makna Film Gadis dalam Acara FORMASI Institute of Performing Arts (FIPA) 2023

 

Created by : Madah Mazzidah

Editor by : Nur Indah Setyaningrum


Perkenalan dari para Crew Bidiksinema 2023. Sabtu (16/9/2023), pagi. Sumber : Madah Mazzidah


Mahasiswa FORMASI Mempersembahkan Karya

Rencang.id — Berhasil menciptakan sebuah karya untuk menginspirasi mahasiswa, Forum Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-Kuliah (FORMASI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta telah membuat film dengan judul Gadis. Film ini dibuat dalam rangka memeriahkan milad FORMASI tahun 2023.

Haikal selaku pembawa acara mengatakan bahwa film Gadis ini, merupakan hasil karya mahasiswa FORMASI yang bergabung dalam kru Bidiksinema 2023. Nailun Nahari selaku script writer menyatakan bahwa film Gadis, menceritakan perjuangan seorang mahasiswa perempuan. Film ini lebih menonjolkan tentang problematika seorang perempuan yang tidak bisa menyalahkan keadaan.

“Yang melatarbelakangi produksi film Gadis ini, salah satunya adalah tentang perjuangan sebagai mahasiswa. Kemudian, kami lebih menonjolkan problematika perempuan yang keluarganya masih kurang, tetapi disisi lain dia tidak bisa menyalahkan keluarganya. Selain itu, dia belum bisa memilih keputusan untuk melanjutkan impian atau merawat ayahnya," ujar Nailun Nahari

 

Makna dari Film Gadis

Hesti selaku produser menjelaskan mengenai banyak pesan yang dapat diambil oleh para penonton. Apalagi, bagi mahasiswi yang relate terhadap cerita film ini.

“Dalam film ini, kita membawa pesan tersirat. Kita bisa melihat perjuangan gadis untuk bisa show up ke dunia bahwa perempuan juga berhak untuk tumbuh. Perempuan juga punya hak yang sama dengan laki-laki. Banyak stereotip yang membuat perempuan dibatasi pendidikannya. Dari film ini, kita dapat belajar bahwa perempuan juga layak (mendapat pendidikan tinggi)," ujarnya.

Rangkaian Acara FORMASI Institute of Performing Arts (FIPA) 2023

Acara diadakan di Graha UIN Raden Mas Said Surakarta pada Sabtu (16/9/2023), dengan mengusung tema “Bersatu dalam Harmoni”.

Acara dimeriahkan oleh penampilan dari Tari Sentra, Tari Manuk Dadali, Tari Candi Ayu, The Symph, dan bintang tamu yaitu Gazelle. Selanjutnya terdapat penampilan dari pemenang lomba puitisasi hadis dan lomba speech. Acara ditutup dengan penayangan film Gadis.


Lebih baru Lebih lama