Mengenal Lebih Jauh Tentang FUD

 

Created By : Fadhilah Khoirunisa dan Sephia Nur Astuti
Editor By : Syefia Syalsya Bila

Logo Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (Sumber: fud.uinsaid.ac.id)


Rencang.id — Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta merupakan salah satu universitas Islam yang terdapat di Kota Solo. Tepatnya di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. UIN Raden Mas Said Surakarta sebelumya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang berdiri pada tanggal 30 Juni 1997. Kemudian, pada tanggal 28 Juli 2011 diresmikan menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) oleh Mentri Agama Drs. H. Suryagharma Ali, M.Si.

Setelah 10 tahun menyandang nama IAIN Surakarta tepatnya pada tahun 2021 kini resmi bertransformasi kembali menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta. Dengan lima Fakultas di dalamnya yaitu Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD), Fakultas Syari’ah (FASYA), Fakultas Ilmu Tarbiyah (FIT), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), dan Fakultas Adab dan Bahasa (FAB).

Sebagai mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta, tentu kita harus tahu mengenai fakultas yang ada di dalamnya terutama mahasiswa baru. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD). Fakultas ini memiliki visi, misi, serta tujuan yang akan dijadikan sebagai langkah-langkah perubahan serta perkembagan mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta, diantaranya sebagai berikut:

Visi:

Unggul dalam kajian ilmu keislaman dan sosial humaniora yang terintegrasi dengan kearifan lokal di level Asia Tenggara pada tahun 2034.

Misi:

1.      Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam pengembangan kajian ilmu dasar keislaman dalam ilmu sosial humaniora yang terintegrasi dengan kearifan lokal.

2.      Menyelenggarakan penelitian dan publikasi ilmiah di bidang ilmu keislaman dan ilmu sosial humaniora secara profesional, dengan pendekatan interdisiplin dan transdisiplin, serta terintegrasi pada nilai-nilai kearifan lokal.

3.      Menyelenggarakan kegiatan pengabdian yang inovatif dan responsif, selaras dengan kajian ilmu keislaman dan ilmu sosial humaniora, tepat guna serta bertumpu pada kearifan lokal.

4.      Menyelenggarakan kerja sama yang produktif dan bermafaat bagi pengembangan keilmuan secara berkelanjutan, antar lembaga kampus, instansi pemerintah, pesantren, madrasah, Ormas, LSM dalam maupun luar negeri.

Tujuan:

1.      Menghasilkan lulusan berdaya saing, profesional, dan mengintegrasikan ilmu dasar keislaman, sosial humaniora, serta kearifan lokal yang berkarakter ibadurrahman.

2.      Menghasilakan penelitian transdisiplin dan publikasi ilmiah untuk transformasi sosial dalam bidang ilmu dasar keislaman dan sosial humaniora.

3.      Mewujudkan kemitraan strategis bagi pengembangan dan pemerdayaan masyarakat lembaga.

4.      Mewajibkan jalinan kerja sama nasional dan internasional dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi ilmiah serta pengabdian masyarakat.

FUD UIN Raden Mas Said Surakarta memiliki delapan program studi yaitu; Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI), Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi (TP), Program Studi Manajemen Dakwah (MD), Program Studi Psikologi Islam (PI), serta Program Studi Pemikiran Politik Islam (PPI).

Selain itu, FUD juga memiliki Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA). DEMA FUD tentunya memiliki berbagai program kerja (proker) dan event setiap tahunnya. Meliputi segala bidang termasuk akademik dan nonakademik. 

Kalau untuk proker terdekat DEMA FUD tahun ini masih ada satu lagi yaitu Latihan Kepemimpinan Organisasi (LKO) yang perkiraan akan diadakan bulan Oktober mendatang, untuk event tahun ini sendiri itu ada FUD FEST serangkaian acaranya mulai dari FUD Got Talent, FUD Social, FUD Book, FUD Fair, UKM Fair, FUD Games dan masih banyak lagi bisa juga cek di Instagram @fudfest_uinrms,” ujar Rendi Fardana Mayasaputra selaku anggota DEMA FUD, Minggu (10/09/2023)

Tahun ini adalah kali keenam FUD FEST diselenggarakan. Nama FUD FEST baru diresmikan pada tahun ini, karena pada tahun-tahun sebelumnya belum ada nama paten dari acara tersebut, seperti FUD EXPO ataupun FUD FEST.


Lebih baru Lebih lama