Melatih Skill Pronunciation, Program Studi Sastra Inggris Meluncurkan Drama

Created by: Rimadhiana Ayu dan Wakhida Rahmadani
Editor by: Dhea Putri Suseno 

Para pemain dan kru drama. Sumber: Rachelina

Rencang.id –  Program Studi Sastra Inggris Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta sukses dalam menyelenggarakan drama. Drama tersebut diadakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Introduce To Theatrical yang wajib diikuti mahasiswa semester 4. 

"Selain syarat untuk lulus mata kuliah, tujuan diadakannya praktek pembuatan drama adalah agar mahasiswa lebih fasih dalam pronunciation (pelafalan yang benar saat mengucapkan bahasa inggris)," kata Rachelina yang menjadi sutradara dalam pembuatan drama kali ini.

Kurang lebih selama satu semester penuh, mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini menjalani proses dan progress yang matang sebelum drama layak untuk dipentaskan. Banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari pembiayaan properti dan kostum, pencetakan naskah, pembentukan tim setiap kelas maupun angkatan hingga panitia khusus.

“Proses pembuatannya tentu tidak mudah. Salah satu kesulitannya adalah dalam menghafal naskah yang harus sesuai pronunciation-nya. 
Selain itu, juga harus mengeluarkan suara bulat dan lantang agar terdengar meski tanpa pengeras suara. Tidak hanya itu, masuk di dalam karakter yang diperankan juga tidak mudah, sehingga membutuhkan latihan yang lebih pada scene drama,” kata Zahra, pemeran dalam drama White a Mirror of Rue and Reflection. 
Salah satu adegan White a Mirror of Rue and Reflection. Sumber: Rachelina


White a Mirror of Rue and Reflection merupakan salah satu drama yang dipentaskan oleh mahasiswa Sastra Inggris. Judul drama tersebut diambil dari kisah Cina kuno, yang mana ada sepasang kekasih atau suami istri berbeda dimensi. Mereka ingin bertemu, tetapi tidak bisa karena tinggal di dimensi yang berbeda. 

"Dimensi sang suami adalah seorang apoteker dan sang istri adalah siluman ular. Sang istri pun memiliki tiga emosi yang berbeda yaitu, grift, angle, dan smile. Ketiga emosi tersebut akan diperankan oleh orang yang berbeda-beda," lanjut Rachel. 

Banyak pembelajaran yang bisa diambil dari cerita ini. Salah satunya adalah titik tertinggi mencintai seseorang adalah mengikhlaskan.
"Untuk bisa menyaksikan drama persembahan kami, cukup Rp10.000 saja, terkhusus mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta sudah bisa menonton drama Berbahasa Inggris. Tentunya drama akan diperankan langsung oleh mahasiswa Sastra Inggris. Untuk teman-teman yang bukan mahasiswa UIN, tenang saja karena pentas drama ini juga dibuka untuk umum. Jadi, jangan lupa untuk nunggu keseruan drama berikutnya ya," pungkas Rachel.


Lebih baru Lebih lama