Keutamaan Surat Al Fatihah

Created by: Rinda Shofi Latifah
Editor by: Syefia Syalsya Bila 

Sumber: (nawacita.co)


Rencang.id — Surat Al Fatihah, surat yang memiliki banyak keistimewaan yang terkandung dalam setiap ayat-ayat yang ada di dalamnya. Setiap muslim pasti hafal surat Al Fatihah, karena setiap kali kita menunaikan ibadah sholat, surat inilah yang akan selalu kita baca mulai dari awal rakaat hingga akhir rakaat. 
 
Tapi pernah nggak sih dalam benak kita bertanya, kenapa surat Al Fatihah dijadikan sebagai surat pembuka, padahal surat pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw bukanlah surat Al Fatihah, melainkan surat Al Alaq ayat 1-5. Kok bisa? 

Yap, surat Al Fatihah dijadikan sebagai surat pembuka di dalam Al Qur'an karena di dalam surat ini memuat segala isi yang ada pada surat-surat Al Quran lainnya. Dengan kata lain surat Al Fatihah ini sudah menjadi perinci dari surat lainnya yang terdapat dalam Al Qur’an. Seistimewa itukah surat Al Fatihah? Lalu apa saja keutamaan surat Al Fatihah itu? 

Banyak sekali keutamaan dari surat Al Fatihah. Salah satunya ialah surat Al Fatihah disebut sebagai induknya Al Qur’an atau ummul quran dan ummul kitab. Hal ini disebabkan karena dalam surat Al Fatihah memuat dasar dari seluruh rincian Al Qur’an atau garis besar dari Al Qur’an. Sebagaimana yang disampaikan di sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, "surat alhamdulillah (yaitu Al Fatihah) adalah ummul quran, ummul kitab, dan as sab’ul matsani". 

Selain itu, surat Al Fatihah ini juga menjadi syarat sahnya sholat, banyak umat muslim yang memperbaiki bacaan surat Al Fatihah supaya sholat mereka diterima oleh Allah SWT. Keutamaan lainnya masih banyak lagi seperti surat Al Fatihah diyakini dapat digunakan untuk ruqyah, sebagai obat umat muslim, dan dapat mengabulkan hajat kita.

Maka dari itu perbaiki bacaan Al Fatihah kita, raih kebahagiaan dunia dan akhirat dengan amalan bacaan surat Al Fatihah disetiap sholat dan kegiatan sehari-hari kita.  
Lebih baru Lebih lama