Eksplore Your Mind and a be a Good Speaker – Seminar Tahunan T-MAPS


Created by: Wisna Kusuma Anggraini 
Editor by: Amirotul Lutfiyyah 

Penyampaian Materi oleh Pembicara. Minggu (24/9/2023). Sumber: Dokumen Pribadi


Rencang.id – “Apabila public speaking tidak terpakai di dunia kerja, minimal dipakai saat berbicara di depan calon mertua dan untuk menceramahi anak-anak kelak di kemudian hari’’ closing statement dari pembicara Seminar Nasional Public Speaking.

Dipandang sebelah mata, nyatanya tidak semua orang memiliki kemampuan public speaking. Public speaking juga memerlukan banyak latihan. Menyikapi hal ini, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Training For Motivation and Public Speaking (T-MAPS) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan Seminar Nasional Public Speaking (SNAP-KING), pada Minggu 24 September 2023. Acara bertempat di Graha UIN Raden Mas Said Surakarta. Seminar nasional public speaking tahun ini mengangkat tema ‘’Eksplore Your Mind and a be a Good Speaker’’. 

Setiap tahun T-MAPS selalu mengadakan kegiatan seminar nasional yang bertema public speaking untuk mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta. Kali ini, seminar diisi oleh seseorang yang mumpuni di bidang public speaking, Sara Neyriza, S.I,Kom., M.M. Sara Neyriza merupakan founder SPEAKING.id, dosen, Master of Ceremony (MC) profesional, dan dubbing animasi. Banyak poin penting yang bisa diambil dari pemaparan narasumber. Salah satunya adalah teknik agar memiliki skill public speaking yang baik.

‘’Ada beberapa hal yang bisa digunakan seseorang untuk berlatih public speaking. Misalnya, berbicara berbicara dengan tersenyum, berbicara dengan mengambil suara dari diafragma guna memperoleh suara yang powerfull. Selain itu, agar seseorang bisa berbicara dengan baik di depan umum, maka orang tersebut harus mempersiapkan bahan terlebih dahulu,’’ ujar Sara Neyriza dalam pemaparan materi.

Lebih baru Lebih lama