Mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta, dengan Hobinya bisa Menghasilkan Cuan

 Created by Akbar Fahmi

Editor by Aulia Rahma Triyani

Source: Dokumen Pribadi

Rencang.id — Muhamad Almuntaqi Dewangga, yang akrab dipanggil Uky, lahir pada 5 April 2000, Sragen, Jawa Tengah. Uky mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Banaran 3, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Karang Malang 2, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Sragen dengan jurusan Komputer Jaringan. Kini, Uky menjadi mahasiswa aktif di Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta (UIN RMS), semester lima, jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).

Uky mempunyai hobi di dunia desain. Alasan Uky mempunyai hobi di dunia desain adalah sejak kecil Uky suka menggambar dan berkeinginan memiliki laptop. Ketika Uky sudah memiliki laptop, Uky beralih ke dunia digital. Karena Uky menyukai dan menekuni hobinya, Uky mendapat beberapa penghargaan yaitu, juara satu Lembaga Kompetensi Siswa (LKS) Graphic Design tingkat Kabupaten Sragen, 10 besar LKS Graphic Design tingkat Provinsi Jawa Tengah, juara tiga desain logo HUT Blitar ke-698 tingkat nasional, juara tiga desain logo komunitas UMKM Soloraya, dan masih banyak lagi juara yang lainnya.

Bagaimana Uky mendapatkan cuan? Tentunya tidak jauh dari dunia desain. Ada beberapa cara bagi Uky untuk mendapatkan cuan. Pertama, dengan cara memenangkan lomba, Uky mendapat hadiah dari lomba tersebut. Kedua, membuka jasa desain, Uky membuka beberapa usaha salah satunya ialah menerima semua jasa yang berhubungan dengan desain di platform online shop dan offline. Masih banyak lagi pekerjaan yang Uky tekuni, dan dari situ Uky mendapatkan tambahan cuan.

Motivasi Uky memilih dunia desain yaitu, karena hobi, juga desain adalah pekerjaan yang menjanjikan, selain itu pendapatan cuan-nya tidak sedikit untuk ukuran mahasiswa. Pekerjaan di dunia desain sangat mudah, tidak memerlukan banyak modal karena hanya membutuhkan laptop dan skill. Uky mampu memanfaatkan peluang, dan berani tampil beda dari orang lain.

Saat ini Uky bekerja di Radar Solo, menjadi editor. Uky mempunyai penghasilan tetap di tempat Uky bekerja, hal ini menjadi motivasi kita semua. Walaupun Uky masih mahasiswa dan berlatar belakang kurang mampu, Uky mampu mengasah kemampuannya untuk hal-hal yang lebih berguna, bahkan bisa menghasilkan cuan, dan pastinya tidak bergantung kepada orang lain.

Cita-cita Uky adalah kedepannya akan membuka workshop yang berada di depan Universitas Muhammadiyah Surakarta. “Uky berharap kepada anak muda sekarang lebih berguna, tidak mageran, mempunyai semangat untuk berkarya walaupun di tengah kekurangan apa pun, tidak bergantung atau berharap kepada orang lain. Apa pun bisa kita lakukan, asalkan ada niat dan kemauan untuk belajar dan menjadi orang yang lebih baik," kata Uky sebagai anak muda masa kini.


Lebih baru Lebih lama