Kecerobohan Mahasiswa dalam Merawat Laptop

Created by Muhamad Ridwan

Editor by Aulia Rahma Triyani

Source: Forbes.com.mx

Rencang.id — Laptop merupakan salah satu alat yang sangat dibutuhkan bagi para mahasiswa. Dalam masa pendidikan belajar jangka panjang, laptop juga dapat digunakan dalam kurun waktu yang lama. Di samping menjadi alat belajar, laptop juga dapat digunakan sebagai penghasil uang bagi mahasiswa yang menggunakan bakatnya. Mahasiswa sering kali melakukan kecerobohan dalam menggunakan, dan merawat sebuah laptop. Mulai dari kebersihan laptop hingga perangkat lunaknya.

Kecerobohan seseorang tentu dapat berakibat fatal. Kerugian yang di dapat pun juga tergolong tidak murah, pengguna laptop sendiri juga tidak sedikit, dan masalah yang didapat dari kecerobohan tersebut juga bervariasi, mulai dari kerusakan ringan maupun kerusakan berat. Banyak yang mengatakan bahwa laptop adalah barang yang mudah rusak, padahal tergantung dengan penggunaan masing-masing atau dari cara merawat laptop tersebut.

Semakin sering menggunakan laptop, semakin berkurang juga jangka penggunaan laptop. Saya juga sering menggunakan laptop, akan tetapi saya juga berusaha menjaganya, agar risiko kerusakan menjadi kecil dan jangka penggunaannya bertahan lama. Karena, dengan merawat laptop lebih sering, maka sedikit juga kecerobohan yang disebabkan. Asal mengerti cara kerja dalam penggunaan laptop, maka akan lebih mudah juga bagi seorang pemilik laptop dalam merawat laptopnya.

Saya sebagai repairing laptop, juga merasakan hal yang sama. Dari segi penggunaan maupun saat me-repair laptop, bagi saya bukanlah hal yang mudah, sering juga memberikan masukan kepada sang pemilik laptop agar lebih berhati-hati dan rajin merawat laptop, akan tetapi banyak yang tidak menghiraukan, dan lebih memilih bodo amat terhadap masukan saya. Hal itu, merupakan salah satu kecerobohan seseorang dalam merawat laptop. Meski bukan urusan saya, akan tetapi tidak ada salahnya jika kita mau berbagi ilmu kepada yang tidak mengetahuinya.

Tujuan saya dalam hal ini, merupakan ajakan kepada seluruh mahasiswa ataupun non mahasiswa yang masih banyak menggunakan laptop dengan ceroboh, untuk merawat laptopnya dengan baik. Efek yang ditimbulkan itu tidaklah ringan, dan tidak mudah dalam memperbaikinya. Biaya yang mahal, dan susah mencari pengganti bagian yang rusak.

Membagikan ilmu dalam merawat laptop juga tidak bisa sembarangan, karena ketidaktahuan seseorang dalam merawat laptop bisa membuat kerugian. Apabila kita memiliki laptop baru, kita bisa meminta pendapat pada seorang ahli dalam memperbaiki maupun merawat laptop, agar kita mengerti seluk-beluk dari laptop yang kita miliki. Meminta pendapat juga salah satu dari langkah kita dalam merawat laptop, dan yang terpenting adalah tidak menggunakannya dengan sembarangan.

Saya bertemu seorang mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta, Rosyid Herlambang. Dia mengatakan bahwa, “Laptop ini kenapa ya mas? Kok begitu ringan, tetapi juga mudah rusak, padahal harga yang dipatok tinggi dan modelnya juga biasa”. Kemudian saya mengomentari pendapat tersebut, “Jika laptop memanglah mahal, akan tetapi memiliki ketahanan dan kegunaan jangka panjang”. Dia pun membalas komentar saya, “Tapi, untuk merawat laptop ini bagaimana mas? Soalnya saya masih awam dalam hal merawat barang”. Saya pun menjawab serta memberikan tips dan trik merawat laptop, “Pertama, jangan menggunakan laptop di atas tempat tidur. Kedua, jangan sembarangan meng-klik popup-popup tidak jelas saat berselancar internet, karena hal ini nantinya dapat memperlambat performa laptop. Ketiga, taruh laptop di tempat yang bersih dan rapih.”



Lebih baru Lebih lama