Sosok Genius Peraih Beasiswa University Waseda

 

Created by Siti Aisyah Nuraini

Editor by Aulia Rahma Triyani


Source: Kompas.com


Rencang.id — Siapa sih yang tidak kenal Jerome Polin? seorang YouTubers dengan nama lengkap Jerome Polin Sijabat, terkenal dengan kecerdasannya dan berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di Jepang. Jerome berkuliah di Universitas Waseda, Shinjuku, Tokyo, Jepang dengan program studi matematika terapan. Youtubers kelahiran 1998 ini, terkenal setelah memulai kanal YouTube bernama Nihonggo Mantappu. Konten dalam YouTubenya berisi tentang vlog, cara belajar bahasa Jepang, matematika, dan kesehariannya selama berada di Jepang.

Selain sukses di channel Youtube-nya dengan total lebih dari 5 juta subscriber di seluruh dunia, Jerome juga dikenal sebagai seorang influencer. Dia juga dikenal sebagai pengusaha CEO dari Menantea dan juga CEO Mantappu Corp. Jerome sukses memasarkan Menantea di kalangan masyarakat terutama kaum milenial. Terbukti, gerai Menantea sudah tersebar luas di seluruh Indonesia.

Jerome merupakan putra kedua dari pasangan Marojahan Sintong Sijabat dan Chrissie Rahmelinsa. Ayahnya adalah seorang pendeta, yang saat ini melayani umat di Gereja Kristen Indonesia Darmo Satelit Surabaya. Sementara ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Pada tahun 2004, keluarga Jerome pindah ke kota Surabaya, Jawa Timur.

Jerome bersama saudaranya, Jehian, menempuh pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Sekolah Intan Permata Hati, Surabaya, dengan mendapatkan beasiswa. Pada tahun 2013, Jerome menempuh Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 5 Surabaya. Ketika dibangku kelas 2 SD, Jerome jarang berkeinginan untuk kuliah di luar negeri. Tetapi, setelah lulus SMA keinginan untuk kuliah di luar negeri mendapat kendala karena, orang tuanya memiliki keterbatasan ekonomi sehingga Jerome mencoba mengambil program beasiswa.

Awalnya dia mengikuti ujian seleksi program beasiswa ke Universitas Teknologi Nanyang Singapura di Jakarta. Saat hasil tesnya keluar ternyata Jerome dinyatakan lulus seleksi  namun, hanya memperoleh setengah beasiswa. Karena memperoleh beasiswa yang tidak penuh, Jerome pun membatalkan mengambil beasiswa ke Singapura. Sang kakak, Jehian menyarankan agar Jerome mengikuti program beasiswa dari sebuah perusahaan asal Jepang yakni Mitsui-Bussan.

Jerome yang memiliki keinginan keras untuk kuliah di luar negeri kemudian mengikuti ujian sekolah tersebut dan dinyatakan lulus untuk mendapatkan beasiswa dari program Mitsui-Bussan Scolarship dan berkuliah di Universitas Waseda Jepang. Setelah menjalani kuliah selama 4 tahun, akhirnya Jerome lulus pada Maret tahun 2022. Jerome mendapat IPK yang sempurna yaitu 4.00 dan mendapatkan gelar Bachelor of Engineering atau setara dengan Sarjana Teknik.

Sebelum terjun di dunia YouTube, Jerome bersama Jehian membuat akun Line yang bersifat akademik bernama 'Match Q&A'. Mereka memutuskan untuk membuat akun resmi baru yang memuat materi dan mata pelajaran lain selain matematika. Pada bulan Desember 2017, platform Line mendapat banyak dukungan dari khalayak sehingga Jerome mulai membuat kanal YouTube bernama Nihongo Mantappu bersama temannya, Kevin Sendouw.

Pada awalnya Jerome dan Kevin membagikan konten video yang membahas pelajaran bahasa Jepang. Kemudian, Kevin memutuskan keluar dari Nihongo Mantappu karena memiliki kesibukkan lainnya. Kanal YouTube Nihongo Mantappu mendapat Silver Play Button pada tahun 2018 dan Gold Play Button pada tahun 2019.


Lebih baru Lebih lama