Merasa Diri Kamu Tidak Berharga?

Created by Atik Fadilah

Editor by Ramadan


Source: https://pin.it/49zAvF0

 

Rencang.id — Sebagian orang mungkin memiliki permasalahan diri yang sama, yaitu ketika mereka merasa dirinya tidak lagi berharga. Penyebabnya mungkin saja beragam, namun titik permasalahannya pasti satu, mereka belum bisa menerima dirinya sendiri. Sebenarnya bukan suatu hal yang aneh jika kita berpikir seperti itu, tapi menjadi bermasalah apabila kita terlalu berlebihan dalam memikirkannya.

Merasa tidak berharga sebenernya adalah bagian kecil dari insecure dan overthinking. Tapi tidak menutup kemungkinan juga karena adanya tekanan dari sekelilingnya, Perasaan seperti inilah yang akan menimbulkan depresi.  Seperti yang kita tahu bahwa di dunia ini tidak sedikit orang yang depresi dan berakhir dengan bunuh diri.

Faktor yang sering menjadi penyebab timbulnya perasaan itu adalah ketika kamu membandingkan pencapain yang kamu miliki dengan orang lain dan juga ketika kamu belum bisa berguna untuk orang yang kamu kasihi. Ketika kamu menganggap kesuksesan orang lain lebih baik dari kamu, itu salah. Setiap orang memiliki jalan dan timingnya masing-masing, jadi untuk apa kita membandingkan sesuatu yang sudah seharusnya tidak perlu kita bandingkan. Orang yang kamu kasihi, seperti hal nya orang tua tidak akan pernah menuntut sesuatu yang melebihi batas kemampuan kamu, jadi untuk apa kamu takut untuk menerima diri sendiri? Jika kamu belum bisa menerima diri kamu, bagaimana orang lain dapat menerimanya?

Perasaan seperti itu memang patut dihindari, sebab setiap orang beharga dengan segala sesuatu yang dimilikinya. Jangan merasa bersalah atas sesuatu yang sudah jelas bukan kesalahan kamu, karena itu hanya akan membuatmu semakin terus membenci dirimu sendiri. Diri kamu itu sangat berharga karena hanya ada satu di dunia ini, dan bagaimana mungkin merasa diri kamu tidak berharga  jika kamu lahir ke dunia saja mempertaruhkan nyawa orang lain? Jadi sudah cukup kamu menyakiti diri kamu sendiri, jangan sampai kamu juga menyakiti hati orang tua kamu dengan menganggap diri kamu tidak berharga bagi mereka.

Berbagai macam hal buruk yang kamu anggap adalah diri kamu, sebenarnya salah. Itu bukan diri kamu melainkan pikiran kamu saja yang berhasil mengurungmu di dalamnya. Ingat, ketika kamu merasa hidup kamu tidak sempurna, itu adalah hal wajar yang patut kamu perbaiki. Tapi jangan bandingkan semua itu dengan orang lain, karena itu hanya akan membuatmu rendah diri dan akan sulit untuk kamu mengembangkan diri.

Jangan pernah merasa tidak ada yang menghargai dan mencintai diri kamu dengan tulus, karena ada orang tua kamu yang berani menukarkan apapun bahkan dirinya sendiri, hanya untuk memastikan bahwa kamu tumbuh dengan baik. Jadi jika tidak ada alasan untuk kamu bertahan di dunia ini, jadikanlah kedua orang tua mu alasan untuk kamu mempertahankan semua itu.  

 



Lebih baru Lebih lama