Kesalahan Pada Saat Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

 

Created by Muhammad Rosyid Herlambang

Editor by Atik Fadilah


Source: http://nasonal.sindonews.com


Rencang.id — Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan kartu identitas resmi setiap penduduk yang menjadi bukti diri, maka dari itu barang ini sangat penting dan harus dimiliki oleh semua masyarakat. Namun terkadang, ada hal yang tidak diperhatikan dalam proses pembuatan KTP ini, seperti dalam penginputan data golongan darah.

Perlu diketahui ketika melampirkan Kartu Keluarga (KK) saat proses pembuatan KTP, golongan darah yang ada di dalam KK harus sudah jelas, agar ketika KTP telah selesai data golongan darahnya juga sudah dicantumkan dalam kartu tersebut.

Dalam tweet terbaru di halaman resmi Twitter Dukcapil Klaten @dukcapilklaten1 pada Oktober (04/10/22), seseorang bertanya di kolom komentar, “Min… kenapa pilihan dalam opsi golongan darah di KTP saya kosong? Padahal saat pembuatan KTP saya sudah menginput data golongan darahnya.”

Kemudian komentar itu dibalas oleh akun resmi tersebut pada Oktober (05/10/22), pukul 07:37 WIB. “Di KK sudah ada golongan darahnya belum kak? Mohon dicek dulu ya kak, karena data KTP sama dengan data di KK” jawab akun resmi tersebut dengan emotikon salam.

Ketika melakukan wawancara dengan salah satu mahasiswi Uin Raden Mas Said yang berinisial M, dia berkata “Data yang dilampirkan sudah benar, itu kan pas buat KTP juga melampirkan golongan darah. Makanya aku engga bawa karena pas KTP itu sudah diminta, dan surat golongan darahnya juga sudah dilampirkan saat pembuatan KTP itu.”

Karena hal-hal sepele itu tidak diperhatikan, maka muncul stigma di masyarakat. Seperti mahasiswi berinisial M ini yang mengatakan. “Jika di situ sudah tertera golongan darahnya, ya seharusnya dicantumin. Kalau gitu bukannya sama aja mubazir kata, jika di dunia politik itu namanya korupsi kata.” Lalu M juga menambahkan, dalam menulis data KTP juga memerlukan biaya dari negara.

Beberapa masyarakat juga sadar betapa pentingnya golongan darah pada KTP ini. Seperti salah satu pedagang yang ada di depan kampus Uin Raden Mas Said ketika ditanya soal pentingnya golongan darah di KTP.

“Tergantung sikon sih, kadang kan ada yang buat bantuan juga. Mungkin ada yang butuh golongan darah ini untuk bisa disumbangakan. Agak penting juga sih.” Jawab pria bernama Achmad itu.

Pada halaman resmi akun Instagram pemerintah kota Surakarta @pemkot_solo, dalam postingannya pada September (13/9/22), yang mengimbau kepada masyarakat untuk membenahi data golongan darah pada KTP.



Source: http://instagram.com/pemkot_solo

Namun, ada pula warga yang tidak mau melakukan tes golongan darah. Seperti seorang pria berumur 30 tahun saat diwawancari. “Engga ingin aja, gak ada alasan buat cek.” Kata pria tersebut.

 

Lebih baru Lebih lama