Wapres Indonesia, Ma'ruf Amin

 

Created by Akbar Fahmi Pranata

Editor by Muhammad Afifullah


Sumber foto: Kompas.com


Rencang.id  Memiliki nama lengkap Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin, yang dikenal sebagai ulama yang menyandang jabatan sebagai wakil presiden Republik Indonesia. Beliau kelahiran Tangerang, Banten, pada 11 Maret 1943 yang tak hanya ahli dalam soal agama, tapi juga seorang politisi. Pada bidang agama, beliau merupakan ulama ahli fiqih di Indonesia. Mendapat gelar doctor, yang disebut juga Doctor Honoris Causa dari Rektor Unversitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta.


Beliau menyandang gelar profesor dan juga guru besar, yakni pada bidang Ilmu Ekonomi Muamalat Syariah di Universitas Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Penganugerahan gelar profesor dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).


Ma'ruf dipilih sebagai Wakil Presiden NKRI pada 20 Oktober 2019, saat berusia 76 tahun. Beliau disandingkan dengan Presiden Jokowi, dan menangani penanggulangan kemiskinan, usaha mikro kecil menengah, reformasi birokrasi, ekonomi syariah dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.


Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwasanya ia akan mencalonkan kembali dalam Pemilu Presiden 2019, yang berpasangan dengan Jusuf Kalla sebagai wakil presiden petahana. Namun mereka tidak dapat mencalonkan diri kembali, dikarenakan tidak memenuhi syarat untuk masa jabatan selanjutnya. Karena batasan masa jabatan yang ditentukan untuk jabatan presiden dan wakil presiden, dikarenakan Jusuf Kalla telah menjabat wakil presiden selama dua periode. Untuk itu, Jokowi menggaet KH Ma'ruf Amin sebagai wakilnya, menggantikan posisi Jusuf Kalla yang sudah tidak bisa melanjutkan posisi wakil presiden Republik Indonesia.


Lebih baru Lebih lama