Bazar Kreatif dan Inovatif

 

Created by Fadila Alvita Kusuma

Editor by Aulia Rahma Triyani




  Rencang.id — Selasa, 27 September 2022 – Minggu, 2 Oktober 2022 terdapat beberapa stand dari Bazar PERSAT (Persatuan Muda-Mudi Tipes), di daerah Tipes, Solo. Bazar tersebut berlangsung selama satu minggu dan dimulai pada jam 15.00 WIB hingga 21.00 WIB. Stand dari bazar tersebut menggelar beberapa kategori, mulai dari makanan, minuman, kesenian, kerajinan, fashion, permainan anak-anak, serta perabotan rumah tangga yang memiliki nilai kreativitas dan inovasi untuk menarik minat pengunjung.

Dengan kategori makanan mereka menjual beberapa macam makanan tradisional seperti nasi liwet, cabuk rambak, dan gendar pecel. Selain menjual makanan tradisional mereka juga menjual jajanan modern seperti telur gulung, burger, es teh dan lainnya. Untuk kategori kesenian mereka menjual berbagai macam baju batik. Terdapat pula produk kesenian tradisional Indonesia, seperti baju batik. Lalu, terdapat juga produk kerajinan tangan seperti mainan hewan yang diukir dengan dasar kayu. Selain itu, ada juga permainan anak-anak seperti mandi bola, memancing ikan, dan melukis.

Di bazar beberapa muda-mudi membuat kerajinan anyaman seperti dompet dan tas yang lucu-lucu. Ada juga muda-mudi yang menjual baju thrift anak muda yang kekinian dengan harga yang relatif murah. Terdapat pula muda-mudi yang menjual berbagai jajanan pasar seperti klepon, cenil, dadar gulung, semar mendem, lemper, dan masih banyak lagi serta minuman yang sedang viral  yakni, es coklat cocol yang dicocol dengan roti.

Banyak sekali pengunjung yang datang saat bazar berlangsung, bahkan bukan hanya warga Tipes saja yang datang melainkan warga desa sekitar lainnya mengunjungi bazar. Pengunjungnya pun juga berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Persatuan Muda-Mudi Tipes rutin mengadakan bazar setahun sekali, dengan tujuan untuk menyejahterakan desa Tipes dan mengayomi warga Tipes. Tidak dipungut biaya sama sekali untuk menghadiri bazar tersebut.

 Para muda-mudi pun juga merancang sendiri produk yang akan mereka pasarkan, mulai dari mendesain, harga, dan teknik promosi. Dengan adanya bazar ini, diharapkan para muda-mudi mendapatkan ilmu kewirausahaan dan menambah pengalaman. Dan produk-produk tersebut dapat dikembangkan lagi serta melahirkan para wirausahawan muda yang kreatif dan inovatif.

 

Lebih baru Lebih lama