Khasiat Besar dari Jahe yang Baik Untuk Tubuh Kita


Pertambahan jumlah kasus Covid19 di Indonesia semakin hari semakin bertambah. Dikutip dari CNN Indonesia, angka kematian mencatatkan rekor terbaru dengan 160 orang meninggal dunia pada Selasa (22/9). Tentu angka tersebut tidaklah sedikit. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mencegah penularan virus corona. Diantaranya dengan senantiasa memakai masker, mencuci tangan setiap saat dan menjaga jarak satu dengan yang lain. Tidak hanya upaya dari pemerintah untuk memutus mata penularan virus corona, namun setiap individu juga berusaha agar tidak mudah tertular. Salah satu caranya dengan mengonsumsi minuman yang mengandung jahe.

Tentu orang-orang sudah tidak asing lagi dengan rempah jahe. Tanaman herbal yang mempunyai sejuta manfaat baik bagi tubuh manusia. Salah satu manfaat dari jahe yaitu bisa menangkal infeksi bakteri dan virus. Mengutip dari Halodoc, adanya kandungan gingerol dalam jahe dipercaya bisa menghambat infeksi bakteri. Seperti shigela, E.coli, dan lain sebagainya. Manfaat mengonsumsi minuman jahe juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah stress. Bahkan minum jahe secara rutin bisa mengatasi pilek dan flu.

Menurut saya, setiap tidak enak badan dengan minum wedang jahe bisa membantu badan terasa lebih baik. Karena jahe dipercaya bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Maka orang-orang banyak memburu tanaman herbal yang memiliki rasa pedas ini. Bahkan beberapa bulan yang lalu harga jahe melonjak tinggi disebabkan banyaknya peminat yang menginginkan jahe. Kita bisa mengonsumsi minuman jahe secara rutin agar sistem imun ditubuh kita baik sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Gejala dari covid19 hampir serupa dengan flu biasa. Salah satu  gejalanya yaitu batuk. Maka disarankan untuk segera mengobatinya.  Mengingat sejuta manfaat dari jahe. Jahe bisa membantu menyembuhkan batuk. Dengan minum jahe akan memberikan rasa hangat pada tenggorokan sehingga terhindar dari infeksi penyebab batuk. Rasa hangat yang diberikan pada jahe mampu membuat dahak mudah dikeluarkan dari tubuh. Dilansir dari Medical News Today, jahe memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antivirus sehingga baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting, apalagi di tengah pandemi Covid19 seperti sekarang ini. Sangat wajib menjaga kesehatan, memastikan tubuh agar tetap fit. Menjaga tubuh agar tetap fit bisa dilakukan dengan cara olahraga setiap pagi, meminum vitamin, menjaga pola makan dan memperhatikan kebersihan di sekitar tempat kita. Meskipun belum ada vaksin yang pasti untuk menangkal covid19, kita bisa meminimalisir penularannya dengan mematuhi protokol kesehatan, tetap dirumah jika tidak ada keperluan yang mendesak untuk memutus penularan covid19 dan agar segera berlalu. Meminum jamu kesehatan dari bahan rempah tradisonal juga bisa membantu menjaga sitem imun tubuh.   


Penulis: Zeinita Dwi Pratiwi
 
Editor: Alfida Nur Cholisah 
Lebih baru Lebih lama